Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Menyusui dan Bayi Baru Lahir

Thursday, April 18th, 2019 - Ibu Menyusui

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Menyusui dan Bayi Baru Lahir – akuhamil.com,- Sudah tidak di ragukan lagi jika kurma menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Rasa manis dan legit memang tidak bisa di pisahkan dari buah mungil yang satu ini.

Saat bulan suci ramdhan sangat mudah sekali menemukan buah kurma di mana-mana. Kurma menjadi salah satu takjil atau makanan pembuka orang islam yang menjalankan puasa sehari penuh. Rasa manis tidak hanya enak di mulut namun juga sangat bagus untuk meningkatkan energi setelah seharian berpuasa.

Buah kurma sudah sejak lama banyak di gunakan sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti tipes, demam berdarah, anemia, menaikan trombosit, bahkan untuk promil.

Banyak bukan manfaat kurma bagi kesehatan, namun apa fungsi kurma ini bagus untuk ibu hamil atau menyusui? Nah pada artikel kali ini saya akan mengupas tuntas mengenai manfaat kurma bagi ibu menyusui dan bayi.

Manfaat Sari Kurma Bagi Ibu Menyusui Tanpa Efek Samping

Jenis kurma yang sering kali di temui di Indonesia yaitu kurma ajwa, kurma lulu, kurma plamfruit, kurma amer hajj, serta kurma muda. Selain itu ada juga kurma basah dan kering.

Bukan tanpa alasan mengapa buah kurma ini menjadi makanan wajib yang harus di konsumsi saat berbuka puasa. Nyatanya kurma di kenal sebagai buah yang memiliki kandungan nutrisi lengkap. Tentunya kandungan nutrisi pada buah kurma memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan.

Buah kurma mengandung serat, kalsium, zat besi, fosfor, sodium, kalium, magnesium, dan zinc. Sedangkan kandungan vitamin dalam buah kurma yaitu thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin K.

Selain buah kurma utuh saat ini anda akan sangat mudah menemukan sari kurma dalam kemasan. Sari kurma menjadi salah satu pilihan untuk anda yang ingin mengkonsumsi buah kurma dengan praktis.

Selain sangat bagus untuk kesehatan kurma juga sangat di anjurkan di konsumsi untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Bahkan yang sedang menjalankan promil buah kurma menjadi salah satu ikhtiar agar cepat hamil karena bisa meningkatkan kesuburan.

Berikut ini beberapa khasiat sari kurma untuk ibu menyusui yang wajib para moms ketahui.

Melancarkan Produksi ASI

ASI menjadi sumber gizi terbaik yang menunjang tumbuh kembang bayi. Namun apa jadinya jika produksi ASI tidak mencukupi kebutuhan si kecil tentunya para ibu akan bingung di buatnya. Ya tidak sedikit para ibu yang putus asa karena produksi ASI yang tidak lancar sehingga memilih susu formula sebagai penggantinya.

Produksi ASI yang tidak lancar atau sedikit nyatanya bisa di atasi. Banyak cara yang bisa dilakukan para ibu agar produksi ASI nya lancar salah satunya dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau dan berserat. Para ibu juga di haruskan untuk memenuhi kebetuhan cairan yaitu memperbanyak minum air putih.

Sebagai langkah penunjang lainnya cara mengatasi ASI tidak lancar moms bisa mengkonsumsi sari kurma. Ya kurma menjadi salah satu obat alami untuk melancarkan produksi ASI. Mengkonsumsi 2 sendok makan sari kurma dua kali sehari menjadi cara mudah untuk membantu meningkatkan produksi ASI secara alami.

Mencegah Anemia

Tahukah mom jika anemia menjadi salah satu keluhan yang banyak di rasakan wanita setelah melahirkan atau ibu menyusui. Ya bukan tanpa alasan tentunya ibu menyusui terkadang memiliki waktu tidur yang sedikit. Begadang menjadi salah satu faktor kurang darah atau anemia.

Produksi sel darah merah yang kurang stabil tentunya akan sangat mengganggu. Untuk meningkatkan produksi sel darah merah atau mengatasi anemia pada ibu menyusui mom dapat mencoba mengkonsumsi kurma. Buah kurma mengandung vitamin B serta tembaga yang secara alami dan cepat dapat meningkatkan Hb dalam tubuh.

Meningkatkan Imunitas

Meningkatkan imunitas tubuh atau daya tahan tubuh bertujuan untuk mencegah datangnya berbagai macam penyakit. Ibu menyusui tentunya di tuntut untuk menjaga kesehatan secara optimal. Ibu yang sehat tentunya akan sangat membantu dalam perkembangan terbaik sang buah hati.

Cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada ibu menyusui yang alami yaitu dengan mengkonsumsi sari kurma. Kandungan tanin pada buah kurma dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh hingga berperan sebagai anti infeksi atau peradangan. Tidak hanya itu dalam sari kurma juga mengandung enzim penting yang berperan sebagai penangkal racun, anti bakteri, antioksidan, serta anti virus.

Sumber Energi

Ibu menyusui terkadang memiliki keluhan dengan badan lemas atau tidak bertenaga. Banyak faktor yang mendasari mom mengalami hal tersebut bisa dari begadang serta kesibukan lainnya.

Agar mom kembali bertenaga dan segar mom dapat mengkonsumsi sari kurma secara rutin, dalam sari kurma mengandung glukosa. Glukosa merupakan karbohidrat terpenting yang berperan sebagai sumber tenaga. Tak tanggung-tanggung kandungan glukosa pada sari kurma yaitu 50% serta serat sebanyak 2 hingga 4%.

Melancarkan pencernaan

Sistem pencernaan yang lancar tentunya dapat membuat para mom merasa nyaman. Bukan rahasia lagi jika ibu menyusui akan lebih banyak makan, ya wajar saja karena proses menyusui memang akan membuat para mom merasa cepat lapar. Nah dalam kondisi tersebut tentunya akan sangat membantu jika sistem pencernaan lancar tanpa hambatan.

Sari kurma dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dengan sangat baik. Kandungan serat pada buah kurma akan sangat membantu dalam melancarkan BAB, mencegah diare, konstipasi, serta menyehatkan pencernaan. Tentunya dengan sistem pencernaan yang lancar maka berat badan akan terjaga.

Bagus untuk sistem saraf bayi

Makanan yang di konsumsi sang ibu tentunya menjadi aset yang sangat berhaga bagi sang buah hati. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan mineral tentunya dapat menunjang perkembangan bayi baru lahir melalui ASI.

Dalam sari kurma ada kandungan potasium yang berperan untuk memperkuat daya ingat hingga saraf otak. Tidak hanya itu saja nyatanya buah kurma mengandung asam folat yang berperan penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi yang sehat.

Kaya Vitamin K

Ibu menyusui yang rutin mengkonsumsi sari kurma nyatanya akan sangat berpengaruh penting pada kesehatan tulang. Sari kurma kaya akan kandungan vitamin K yang berperan penting untuk perkembangan tulang. Tak hanya itu saja nyatanya kandungan vitamin K sangat di butuhkan ibu menyusui dalam proses pembekuan darah.

Sari kurma menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menunjang kesehatan ibu menyusui. Tidak hanya mudah di dapatkan nyatanya sari kurma memiliki rasa manis yang mudah di aplikasikan dengan makanan lainnya.

Nah sekarang para moms sudah tahu bukan apa saja manfaat sari kurma untuk ibu menyusui, semoga informasi ini bisa bermanfaat ya moms. Jangan lupa jaga kesehatan dan konsumsi makanan sehat bergizi. Salam sehat moms.

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Menyusui dan Bayi Baru Lahir | Admin | 4.5