Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ketahui Bahaya Merebus Botol Susu Bayi

Wednesday, August 8th, 2018 - Artikel Kesehatan

Ketahui Bahaya Merebus Botol Susu Bayi Berbahan Plastik – www.akuhamil.com, – Kebanyakan para bunda tidak mengetahui akan bahaya merebus botol susu bayi. Karena beranggapan bahwa dengan merebus botol susu bisa menjadikan botol tersebut steril, padahal sebaliknya. Kebiasaan tersebut justru membahayakan sang buah hati, dan sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Tentunya anda bertanya-tanya, kenapa hal tersebut bisa membahayakan sang buah hati? Untuk itu, simak pembahasan saya berikut ini.

 

 

Ketahui Bahaya Merebus Botol Susu Bayi Berbahan Plastik

Tentunya seorang ibu sangat berhati-hati dalam memilih apapun untuk sang buah hati. Tetapi hal tersebut membuatnya salah kaprah. Tak jarang, karena ingin steril para ibu merebus botol susu bayi, tanpa mengetahui akan bahaya atau tidaknya hal tersebut. Karena mungkin beranggapan, dengan merebus botol tersebut membuat botol tersebut menjadi steril. Padahal tidak, jika merebus botol susu ada kemungkinan plastik tersebut akan melepaskan resedu senyawa kimia yaitu bisphenol-A (BPA) yang sangat berbahaya.

Zat tersebut merupakan zat yang sering digunakan dalam banyak produk sehari-hari seperti CD, kertas termal untuk bon, ponsel, helm sepeda motor serta botol plastik. Akan tetapi pada sebuah study menunjukan bahwa ada kaitannya antara BPA dengan beragam penyakit dan cacat tubuh.

Efek hormonal BPA dapat mendatangkan masalah. Partikel-partikel di dalam BPA dapat terlepas dari produk dan tertelan oleh tubuh, terutama melalui makanan. Studi juga menunjukan bahwa Bisphenol A dapat larut dalam air panas. Meski tanpa sumber panas, sejumlah lapisan plastik pada kemasan makanan yang didalamnya mengandung BPA dapat mencemari makanan.

Kandungan tersebut bisa menyebababkan si kecil mengalami perubahan sistem imun, obesitas, pubertas dini, perperkembangan sistem saraf menjadi terhambat, menggangu organ reproduksi dan tingkah lakunya. Saya sarankan sebaiknya anda mensterilkan botol susu tersebut cukup dengan menggunakan alat sterilisi, serta merendam atau menyiramnya dengan air panas beberapa kali. 

Tetapi alangkah baiknya memilih botol susu yang berbahan aman. Seperti botol susu pelastik yang aman untuk anak, yaitu botol susu yang berlambang (2 HDPE, 4 LDPE, dan 5 PP) . Karena plastik tersebut dibuat dari polypropylene atau polyethylene yang diketahui tidak melarutkan karsinogen , zat penyebab kanker. Pastikan juga bahan plastik botol itu BPA free. Untuk lebih mengingatnya anda hanya perlu melihat dibawah botol susu tersebut dengan lambang (2,4, dan 5).

Begitulah sekilas tentang artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu. Jangan lupa baca juga artikel saya yang lainnya seperti dibawah ini. Terimakasih

Obat Herbal Pelancar ASI

Khasiat Dan Manfaat Daun Handeuleum

Ketahui Bahaya Merebus Botol Susu Bayi | Admin | 4.5