Trimester Pertama Kehamilan

Monday, June 30th, 2014 - Kehamilan, Trimester Kehamilan

Trimester Pertama KehamilanAkuHamil.com,- Trimester pertama kehamilan terhitung dari mulai dari usia 0-12 minggu. Perhitungan yang digunakan adalah perhitungan standar yang dilakukan oleh tenaga medis atau dokter yakni mulai dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Dengan begitu secara medis kehamilan dipantau  selama 280 hari atau 40 minggu. Mengetahui perkembangan janin akan memberikan ikatan yang semakin dekat antara ibu dan calon bayi.

Perkembangan Bayi Trimester Pertama KehamilanPerkembangan Bayi Selamat Trimester Pertama Kehamilan

Trimester Pertama Kehamilan Minggu ke-1
Inilah periode terakhir menstruasi Anda sebelum kehamilan.  Terjadi pendarah mentruasi dan hormon-hormon di dalam tubuhn akan mempersiapkan sel terlur baru untuk dilepaskan.

Minggu ke-2
Dinding rahim (uterus) mengalami penebalan dan mempersiapkan diri untuk masa pelepasan sel telur matang (ovulasi).

Minggu ke-3
Saat inilah masa ovulasi itu berlangsung dan kehamilan biasanya terjadi pada saat ini. Pembuahan terjadi ketika bertemunya sel telur dengan sprema suami di tuba palopi, proses pembuahan ini memerlukan waktu sekitar 4 hari. Sel telur yang telah dibuahi ini kemudian dinamai zigot.

Minggu ke-4
Di minggu ke-4 ini zigot sudah menemukan tempat di dalam rahim. Pada akhir minggi ini Anda tidak akan lagi mengalami mestruasi. Pada beberapa wanita ada yang mengalami sedikit flek kecoklatan sebagai akibat dari adanya menempelnya zigot pada dinding rahim. Pada minggu ini juga mulai terjadi pelepasan hormon HGC sehingga kehamilan sudah bisa terdeteksi pada alat testpect.

Minggu ke-5
Pada minggu ini bayi anda sudah disebut embrio, ukurannya kira-kira sebesar biji apel. Dia sudah memiliki detak jantung sendiri. Vesikel-vesikel otak primer mulai terbentuk. Sistem syaraf juga sudah mulai berkembang. Pada masa ini kerja dari tali pusat sudah bekerja sepenuhnya.

Minggu ke-6
Pada minggu ini embrio bentuknya terlihat seperti berudu. Kepala, ekor, tangan, dan anggota badan masih terlihat seperti tunas. Di minggu ini mulai terjadi pembentukan awal organ tubuh dalam : hati, pankreas, paru-paru, kelenjar tiroid dan jantung.

Minggu ke-7
Minggu ini jantung bayi Anda sudah terbentuk lengkap. Otot dan syaraf bekerja secara bersamaan untuk kali pertamanya. Bayi Anda sudah memiliki refleks dan bergerak spontan sekalipun Anda belum bisa merasakannya. Di akhir minggu ke-7 inilah otak bayi akan terbentuk lengkap.

Minggu ke-8
Minggu ke 8 dari Trimester Pertama Kehamilan Ukuran embrio di minggu ini sekitar 25-30mm. Sudah ada pembagian lengan dan kaki menjadi paha, kaki, tangan, lengan dan juga bahu. Telinga luar sudah terbentuk sempurna, sementara itu matanya membentuk pigmen. Jantung sudah memompa dengan kuat dan iramanya teratur. Di minggu ini pula organ reproduksi bayi mulai terbentuk, begitu juga halnya dengan tulang muda(kartilago) dan tulang.

Minggu ke-9
Kini sebutan untuk bayi Anda bukan lagi embrio tapi fetus. Di minggu ini pergerakan fetus sudah mulai bisa terdeteksi oleh USG. Perut dan rongga dada juga sudah terpisah. Selain itu otot mata dan bibir atas terbentuk.

Minggu ke-10
Saat ini tulang sudah menggantikan kartilago. Sudah ada sekat antara jantung dan paru-paru dari perut(diafragma). Otot leher terbentuk. Pada bulan terakhir ini otak berkembang dengan lebih cepat sehingga akan terlihat kepala lebih besar dari tubuh. Pembentukan telinga berakhir.

Minggu ke-11
Trimester Pertama Kehamilan Minggu Ke 11 Organ kelamin luar sudah terbentuk, begitu juga dengan folikel-folikel rambut dan gigi. Bayi sudah bisa menelan cairan amnion dan mengeluarkannya kembali melalui kencing.

Minggu ke-12
Dan pada minggu ke 12 Trimester Pertama Kehamilan Ukuran fetus sekarang ini adalah 14gr panjang sekitar 5,4cm. Di akhir trimester pertama ini semua organ vitalnya sudah terbentuk. Bayi sudah bergerak aktif walaupun Anda belum bisa merasakannya.

Itulah Postingan Tentang Trimester Pertama Kehamilan Semoga Bermanfaat

Trimester Pertama Kehamilan | Admin | 4.5