Trimester Kedua Kehamilan

Thursday, July 3rd, 2014 - Kehamilan, Trimester Kehamilan

Perkembangan Bayi Trimester Kedua Kehamilan – AkuHamil.com,- Memasuki trimester ke 2 kehamilan, Anda akan semakin terlihat sebagai orang yang sedang hamil. Perut sudah terlihat membesar. Seiring dengan itu, rasa mual dan lemas yang dirasakan pada trimester pertama umumnya akan menghilang di akhir trimester pertama atau awal trimester kedua. Memasuki trimester kedua ini Anda akan lebih enerjik dan bayi akan terus tumbuh dan berkembang. Apa saja yang terjadi pada trimester kedua kehamilan? Berikut ini perkembangannya dari minggu ke minggu. Sebelumnya kami juga sudah postingan tentang Trimester Pertama Kehamilan.

Perkembangan Bayi Trimester Kedua KehamilanPerkembangan Bayi Trimester Kedua Kehamilan

Minggu ke-13 Perkembangan Bayi Trimester Kedua Kehamilan
Pada minggu ke-13 ini ukuran janin sekitar 7,4cm dan beratnya 23 gram. Saat ini janin sudah mengembangkan kemampuan menghisap dan menghembuskan, leher sudah terlihat memanjang, sudah tumbuh tunas gigi sebanyak 20 gigi, jari tangan dan telapak kaki sudah mulai terlihat. Detak jantung buah hati Anda juga sudah bisa terdengar dengan menggunakan alat Doppler.

Minggu ke-14 Perkembangan Bayi
Ukuran janin sekitar 8,7 cm. Di minggu ini janin sudah bisa dibedakan antara laki-laki atau perempuan karena protat dan ovariumnya sudah berkembang. Kulitnya masih tipis dan transparan. Sekujur tubuhnya dipenuhi dengan rambut halus (lanugo) yang fungsinya untuk melindungi tubuh janin, detak jantung sudah bisa Anda dengarkan ketika pemeriksaan ke dokter/bidan. Pada usia ini, janin sudah mulai belajar menghisap jempolnya.

Minggu ke-15 Perkembangan Bayi
Ukuran janin sekitar 10 cm dengan berat 70 gram. Minggu ke-15 ini janin sudah bisa dikenali sebagai manusia. Rambutnya sudah tumbuh begitu juga dengan alis dan bulu matanya. Janin sudah mulai bisa mendengarkan denyut jantung, suara perut dan juga suara ibunya. Sesekali Anda juga bisa merasakan gerakannya.

Minggu ke-16 Perkembangan Bayi
Ukuran janin sekitar 11,6 cm dan berat 100 gram. Pada saat ini ukuran janin dan placenta sama besar, janin akan tampak berisi karena sudah terbentuk lemak di bawah kulitnya, kepala dan lehernya sudah mulai tegak, jenis kelamin juga sudah bisa diketahui jika dilakukan USG. Di minggu ini, janin akan mengembangkan terus kemampuan refleksnya seperti : menelan-kencing, mengisap jempolnya, menguap, merenggangkan tubuhnya, cegukan, dan berkedip, janin juga sudah mulai belajar bernafas dalam air ketuban (ini membantu perkembangan paru-parunya).

Minggu ke-17 Perkembangan Bayi Trimester Kedua Kehamilan
Ukuran janin sekitar 13 cm dan berat 140 gram. Pembuluh darah janin masih terlihat jelas, telinga sudah terbentuk sempurna dan ada dalam posisi akhir. Tulangnya semakin mengeras. Proporsi bentuk tubuhnya sudah terbentuk sehingga janin terlihat lebih sempurna dari sebelumnya. Matanya masih tertutup meskipun sudah terbentuk kelopak matanya. Saat ini mekonium (terbentuk dari sekresi pencernaan) menumpuk di usus, saat lahir nanti inilah yang menjadi kotoran pertamanya, warnanya hijau kehitaman.

Minggu ke-18
Ukuran janin sekitar 14,2 cm dengan berat 190-200 gram. Pita suaranya sudah berfungsi meskipun demikian janin belum bisa membuat suara. Tubunya akan terlindungi oleh vernix (seperti keju putih) dan lanugo. Di minggu ini Anda akan merasakan janin bergerak, menendang, meninju. Janin akan melompat ketika mendengar suara yang keras dari luar.

Minggu ke-19 Perkembangan Bayi
Ukuran janin sekitar 15,3 cm dengan berat 240 gram. Di minggu ini janin sudah mulai  memiliki pola istirahat yang baik, saat ia terjaga, ia akan sangat aktif. Jika janin Anda laki-laki maka akan terbentuk rahim, alat kelamin, dan tuba falopi. Jika janin laki-laki akan terbantuk testis dan alat kelaminnya.

Minggu ke-20 Perkembangan Bayi Trimester Kedua Kehamilan
Ukuran janin  sekitar 16,4 cm dengan berat 10,58 ons. Otot janin semakin kuat sehingga ibu sesekali bisa merasakan tendangannya. Ia bergerak sekitar 200 kali dalam sehari, meskipun hanya sebagian kecil yang ibu rasakan. Saat ini di daerah-daerah khusus otak tengah berkembang syaraf untuk rasa, bau, melihat, mendengar dan sentuhan. Karena itu,janin sudah bisa mendengar suara dari luar.

Minggu ke-21
Ukuran janin sekitar 26,7 cm dan berat 360 gram. Saat ini janin anda akan semakin aktif. Kulitnya sudah tidak transparan lagi. Lidah sudah terbentuk dan ia sudah bisa merasakan berbagai rasa. Organ reproduksinya semakin berkembang. Selain perkebangan dari segi fisik, saat ini janin memiliki periode bangun dan tidur yang lebih konsisten.

Minggu ke-22 Perkembangan Bayi Trimester Kedua Kehamilan
Saat ini janin sudah semakin besar dengan berat 430 gram dan panjang 27,8 cm. Untuk melawan infeksi penyakit bayi sudah mulai menghasilkan sel darah putih. Saat ini ia juga akan merasa tenang ketika merasakan sentuhan dan mendengarkan suara ibunya. Pendengarannnya sekalin tajam, kelopak mata dan alis sudah lebih sempurna, kukunya sudah terbentuk di ujung jarinya, otaknya berkembang dengan pesat, ia sudah bisa memecah bilirubin. Dari segi genital, testis sudah turun ke skroktumnya dan spermanya sudah terbentuk.

Minggu ke-23 Perkembangan Bayi
Rata-rata ukuran janin berat  501 gram dan panjang 28,9 cm. Saat ini bayi sudah terlihat sebagaimana ia dilahirkan nanti hanya saja ukurannya yang lebih kecil dan kurus, ukuran kepalanya sudah proporsional dengan tubuh, detak jantung sudah bisa didengarkan  lewat stetoskop. Pankreasnya sudah mulai memproduksi insulin.

Minggu ke-24 Perkembangan Bayi Trimester Kedua Kehamilan
Ukuran janin saat ini berat 600 gram dan panjang 30 cm. Janin sudah memiliki pola tidur yang tetap, ibu bisa merasakan kapan ia bergerak terus dan kapan ia diam. Koordinasi tangan sudah mulai terbentuk, indera pengecapnya terus berkembang. janin  juga semakin montok.

Minggu ke-25 Perkembangan Bayi
Ukurannya sekarang sekitar 34,6 cm dan berat 660 gram. Janin mulai berlatih bernafas. Struktur tulang  belakang, pembuluh darah paru-paru, dan indera penciumannya semakin berkembang. Refleks menggenggamnya juga sudah berkembang.

Minggu ke-26 Perkembangan Bayi Trimester Kedua Kehamilan
Ukuran janin rata-rata 35,6 cm dan berat 760 gram. Tulang belakangnya semakin kuat dan lentur, janin sudah bisa menutup dan membuka matanya, janin sudah merespon sentuhan Anda. Di bawah kulitnya sudah terbentuk lemak.

Minggu ke-27 Perkembangan Bayi Trimester Kedua Kehamilan
Ukurannya seitar 36,6 cm dan berat 875 gram. Otak dan pendengarannya semakin berkembang, jaringan syaraf telingan sudah sempurna, paru-paru terus tumbuh. Mulai saat ini hingga remaja ia akan tumbuh sepanjang 1 inci tiap minggunya.

Minggu ke-28 Perkembangan Bayi Trimester Kedua Kehamilan

Ukuran janin 37,6 cm dan berat 1005 gram. Jaringan otaknya semakin berkembang dan ia sudah bisa bermimpi. Rambut di kepalanya sudah tumbuh, tubuhnya semakin gemuk, paru-paru sudah bisa bernafas, ia sudah lebih interaktif.

Trimester Kedua Kehamilan | Admin | 4.5