Tips Menghindari Efek Buruk Keputihan Abnormal

Wednesday, January 11th, 2017 - Artikel Kesehatan, Ibu Hamil

Tips Menghindari Efek Buruk Keputihan Abnormal Saat Hamilwww.akuhamil.com,- Keputihan memang menjadi keluhan yang banyak di keluhakan para wanita tidak terkecuali ibu hamil. Keputihan saat hamil memang menjadi hal yang wajar karena adanya perubahan hormon. Namun ada kalanya keputihan saat hamil di katakan berbahaya jika telah berubah warna hingga berbau busuk. Keputihan abnormal saat hamil tentunya tidak bisa di anggap sepele. Diketahui keputihan abnormal menjadi tanda jika adanya infeksi pada organ kewanitaan. Tentu saja infeksi memiliki dampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Dan pemilihan obat keputihan ibu hamil juga harus di perhatikan.

Tips Menghindari Efek Buruk Keputihan Abnormal Saat Hamil

Keputihan yang meningkat pada saat hamil disebabkan karena adanya peningkatan hormon estrogen. Peningkatan dari kadar estrogen tersebutlah maka akan berpengaruh juga pada peningkatan aliran darah ke vagina alhasil keputihan semakin banyak saat hamil. Namun tentunya akan berbeda mjika cairan yang keluar dari vagina mengeluarkan bau tidak sedap hingga berwarna. Keputihan dengan cairan berbau dan berwarna tersebut disebut dengan keputihan abnormal.

Menurut dr Liva Wijaya, SpOG spesialis kedokteran obstetri dan ginekologi dari RS Mitra Kemayoran menyebutkan jika cairan yang keluar dari vagina tdiak berlebihan dan berwarna putih saat hamil bisa di katakan sebuah hal yang wajar. Namun jika keputihan telah mengeluarkan bau dan berwarna maka di pastikan itu merupakan keputihan abnormal.

Keputihan abnormal yang di derita oleh ibu hamil tentunya bukan hal sepele. Jika infeksi terjadi secara terus-menurus maka akan meningkatkan resiko kelahiran prematur, pecah ketuban, hingga menginfeksi janin. Masa kehamilan memang membuat organ intim wanita lebih lembab hingga sangat rentan terkena infeksi. Tentunya dengan menjaga kebersihan dan menjaga organ intim tetap kering menjadi hal yang harus di lakukan.

Tips untuk menghindari efek buruk keputihan abnormal saat hamil tentunya bukan hal yang susah untuk di lakukan. Perlunya kesadaran dari diri sendiri sebagai langkah awal pencegahan. Berikut ini beberapa tips menghindari efek buruk keputihan abnormal saat hamil:

  • Pilih celana dalam berbahan katun yang menyerap keringat sehingga organ intim akan tetap kering
  • Membersihkan kemaluan dengan cara yang benar yaitu dari depan ke belakang
  • Hindari terlalu sering menggunakan sabun pembersih organ intim
  • Pastikan untuk menghindari pemakaian celana dalam yang terlalu ketat
  • Ganti pakaian dalam secara rutin apalagi setelah berenang atau olahraga
  • Banyak minum air setidaknya 2 liter sehari agar bakteri dan racun dalam tubuh dapat keluar
  • Mengkonsummsi karbohidrat kompleks seprti kacang-kacangan sangat membantu mencegah infeksi
  • Hindari penggunaan berbagai produk untuk organ intim yang berbau tajam

Itulah beberapa tips untuk mengatasi keputihan abnormal saat hamil yang paling tepat. Tentunya dengan menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim tidak hanya keputihan saja yang dapat di atas namun juga penyakit organ intim lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Save

Tips Menghindari Efek Buruk Keputihan Abnormal | Admin | 4.5