Tanaman Liar Krokot

Wednesday, June 6th, 2018 - Artikel Kesehatan

Tanaman Liar Krokot Tidak Di Sangka Berkhasiat Bagi Kesehatanwww.akuhamil.com, – Mungkin sebagian orang tidak asing lagi melihat tumbuhan liar krokot, tapi tidak tahu akan khasiat yang tersembunyi dari tanaman liar ini. Bahkan kita sering memusnahkan tanaman ini karena sering dianggap sebagai gulma. Untuk lebih jelasnya yu simak sekilas tentang pembahasan saya di bawah ini.

 

Tanaman Liar Krokot Tidak Di Sangka Berkhasiat Bagi Kesehatan

Tanaman krokot merupakan tanaman yang berasal dari suku portuluca. Tanaman krokot sering bahkan mudah di jumpai di mana saja karena biasanya tanaman ini tumbuh di persawahan, ladang, dan tepi jalan. Nama latin dari tanaman krokot adalah Portulaca Oleracea L. Serta dalam bahasa inggris tanaman krokot ini mempunyai nama common purslane, little hogweed. Sejarah asal tanaman Krokot di perkirakan dari daerah Amerika Latin dan jenis tanaman krokot yang ada di dunia ada 40-100 jenis. Di Negara Indonesia tanaman Krokot mempunyai julukan berbeda-beda, di Indonesia (Gelang),jawa (krokot), dan di Melayu sering di sebut (Gelang pasir).

krokot adalah sayuran yang berdaun hijau yang tergolong pada makanan yang rendah akan kalori. Serta krokot juga mengandung banyak nutrisi, omega 3, serat, Vitamin (A, B, dan C), Mineral (Kalium, Mangan, Magnesium, Zat Besi, Kalsium serta Tembaga). Dan bahkan krokot juga mengandung pigmen betalain yang merupakan salah satu senyawa bersifat antioksidan yang kuat, serta mengandung karotenoid. Melihat dari kandungannya, tidak di ragukan lagi bahwa krokot mempunyai khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan, sudah penasaran bukan? untuk itu berikut ini saya akan menjelaskan khasiat dan manfaat Tanaman Liar Krokot bagi kesehatan yang tidak pernah di sangka akan khasiatnya.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Liar Krokot Bagi Kesehatan

Membantu menyehatkan jantung

Krokot memiliki kandungan omega 3 yang mampu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Karena Omega 3 mampu dalam mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh serta dapat mengontrol keseimbangan kolesterol sehat dalam aliran darah.Bahkan mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 3, dapat di buktikan secara signifikan bisa mengurangi risiko terkenanya penyakit kardiovaskular, serta aterosklerosis, sehingga dapat mencegah serangan jantung dan stroke.

Mencegah Terkenanya Risiko Kanker

Didalam Krokot terdapat kandungan Vitamin A dan Vitamin C, yang keduanya berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah terjadinya kanker, Khususnya pada penyakit kanker paru-paru serta kanker mulut. Beta-cyanins dan beta-xanthins telah berkaitan langsung dengan efek anti-mutagenik dalam tubuh, yang berarti keduanya dapat mencegah penyebab mutasi pada sel-sel sehat yang di akbitakn oleh radikal bebas, sehingga mampu mencegah terjadinya perkembangan kanker.

Bagus Untuk Kesehatan Mata

Krokot mempunyai kandungan betakaroten dan Vitamin A, dimana keduanya mampu menghilangkan radikal bebas yang dapat menggangu sel-sel mata, sehingga dapat membantu mencegah degenerasi makula, katarak, serta penyakit umum lainnya yang berhubungan dengan Usia.

Membantu Dalam Melancarkan Peredaran Darah

Di dalam Krokot terdapat kandungan senyawa yang dapat melancarkan peredaran darah, karena dapat mencegah penyumbatan darah dalam tubuh.

Mampu Menurunkan Berat Badan

Krokot memang di percayai rendah akan kalori, akan tetapi kaya akan nutrisi dan dikemas dengan serat makanan. Jadi bisa membantu anda yang ingin menurunkan berat badan.

Mencegah Penyakit Pada Saluran Gastrointestinal

Krokot juga ternyata dipercayai mampu mengobati berbagai penyakit seperti diare, wasir, dan disentri, bahkan di negara cina krokot sudah di gunakan dalam mengobati penyakit tersebut dari zaman dulu hingga sekarang.

Bagai mana sudah tahu bukan akan khasiat dan manfaat dari tanaman liar krokot ini? Nah sekarang pasti ingin tahu bukan bagai mana cara mengonsumsinya, untuk itu berikut ini saya akan menjelaskan cara mengonsumsi krokot dengan baik dan benar.

Cara Mengonsumsi Krokot:

Ambil Krokot yang masih segar kira-kira sebanyak 50 gram dan di uapkan selama 2-5 menit, sesudah itu tumbuk hingga halus da peras sampai terkumpul air perasannya kurang lebih 150 cc. Minumlah 3 kali sehari dengan takaran 50 cc. Akan tetapi jagan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi krokot, karena mengonsumsi krokot secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Karena krokot mengandung asam oksalat yang tinggi yang kemungkinan dapat memicu komplikasi kesehatan yang disebabkan pembentukan batu ginjal.

Begitulah sekilas tentang artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Jangan lupa baca juga Artikel saya yang lainnya seperti di bawah ini. Terima Kasih

Obat Herbal Alami Walatra Habbaza Softgel

Kandungan Minyak Zaitun

 

 

Tanaman Liar Krokot | Admin | 4.5