Tahapan Proses Persalinan

Thursday, April 30th, 2015 - Persalinan

4 Tahapan Proses Persalinan yang Perlu Anda Ketahui – Akuhamil.com,- Persalinan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu sekaligus paling mendebarkan. Sebagai calon ibu, ada baiknya Anda mengetahui tahapan Akuhamil.com sehingga bisa menyiapkan segala sesuatunya. Proses persalinan sendiri terbagi ke dalam empat tahap.

Berikut Adalah 4 Tahapan Proses PersalinanBerikut Adalah 4 Tahapan Proses Persalinan

Kala I : Tahap Pembukaan

In partu ditandai dengan lendir yang bercampur darah karena serviks pada tahap ini mulai membuka dan mendatar. Darah yang keluar berasal dari pecahnya pembuluh darah kapiler yang terletak di sekitar karnalis servikalis dan hal tersebut terjadi karena pergeseran saat serviks mendatar dan terbuka.

Tahapan proses persalinan ini terbagi kedalam dua fase. Fase pertama adalah fase laten dimana pembukaan serviks berlangsung lambat hingga pembukaan 3 cm. Sementara fase kedua adalah fase aktif yang terbagi atas 3 subfase, yakni akselerasi, steady dan deselerasi.

Kala II : Tahap Pengeluaran Bayi

Tahapan proses persalinan keduaadalah tahap pengeluaran bayi. Pada kala ini, rasa mulas terasa kuat dan cepat. Disamping itu, rasa mulas terkordinir dan lebih lama. Kira-kira sekitar 2-3 menit sekali.

Anda pun akan merasa seperti mau buang air besar. Itu tandanya anus terbuka. Kepala janin mulai terlihat dan vulva (bagian luar v@gina) membuka. Perineum atau daerah antara anus-v@gina pun meregang. Ibu hamil akan merasakan tekanan yang kuat pada daerah perineum yang bersifat elastis.

Kala III : Tahap Pengeluaran Plasenta

Tahapan proses persalinan Kala III adalah tahap Pengeluaran Plasenta. Tahap ini dimulai setelah bayi Anda lahir. Plasenta akan keluar dengan sendirinya dan hal ini berlangsung sekitar 5-30 menit. Pengeluaran plasenta akan disertai dengan keluarnya darah sampai 100-200 cc.

Kala IV : Tahap Pengawasan

Tahapan proses persalinan terakhir ini digunakan supaya dapat melakukan pengawasan bahaya pendarahan. Pengawasan tersebut akan dilakukan selama dua jam. Pada tahap ini, ibu yang melahirkan akan mengeluarkan darah yang tidak terlalu banyak dari vagina. Darah tersebut berasal dari pembuluh darah yang terdapat di dinding rahim.

Terkadang pengeluaran darah juga menjadi banyak. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti tidak berkontraksinya otot-otot rahim atau lemahnya kontraksi.

Tahapan Proses Persalinan | Admin | 4.5