Posisi Tidur Ibu Hamil

Friday, August 29th, 2014 - Ibu Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik Agar Ibu dan Bayi Aman – Akuhamil.com,- Di awal kehamilan ketika perut belum begitu membesar,  ibu jarang ada yang mengalami masalah posisi tidur yang nyaman. Lain lagi ketika kehamilan mulai masuk trimester kedua ketika perut semakin membesar, banyak yang merasakan ketidaknyamanan saat tidur, selain itu ada kekhawatiran juga dari ibu akan keselamatan bayi yang ada dirahimnya. Lantas bagaimana sebenarnya posisis tidur ibu hamil yang membuat tidur nyaman dan juga aman untuk janin? Berikut ini ulasannya.

Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik Agar Bayi dan ibu AmanPosisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik

Posisi Tidur Ibu Hamil Tengkurap. Sebelum usia kehamilan 14 minggu, biasanya ibu masih bisa tidur dengan posisi tengkurap. Hanya saja pada awal kehamilan payudara juga mengalami pembesaran dan sebagai dampaknya payudara menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan, kadang ada yang suka merasa sakit jika disentuh. Karena itu jika posisi ini mengganggu bagi ibu, gantilah posisi tidur dengan yang lainnya. Jika ibu ingin tengkurap tapi khawatir akan keselamatan bayi yang ada dalam kandungan, ibu tidak perlu terlalu khawatir karena tubuh perempuan telah diciptakan sedemikan rupa spesial yang memungkinkan tubuh melindungi janin yang sedang dikandung. Janin sendiri dilindungi oleh cairan ketuban dan janin memiliki ruang tersendiri yang memungkinkannya bergerak bebas walaupun posisi tidur tengkurap. Jika kehamilan sudah membesar, kira-kira pada usia 14 minggu, sebaiknya jangan tidur dengan posisi ini.

Posisi Tidur Ibu Hamil Terlentang. Posisi tidur terlentang tidak begitu dianjurkan apalagi setelah kehamilan memasuki usia 16 minggu lebih. Tidur dengan posisi ini hanya akan memberikan beban yang berat bagi bagian tubuh belakang, menekan vena cava inferior, menekan saraf dan juga usus. Selain itu tidur dengan posisi terlentang juga meningkatkan resiko beberapa gangguan kesehatan pada ibu hamil seperti gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, meningkatkan resiko sakit pinggang dan wasir, menyebabkan sakit kepala dan pusing-pusing.

Posisi Tidur Ibu Hamil Miring ke Sisi Kiri. Memang hingga saat ini belum ada penelitian yang akurat mengenai bagaimana posisi tidur ibu hamil yang benar benar-benar aman, hanya saja akan lebih baik jika setelah usia kehamilan masuk 16 minggu ibu membiasakan tidur dengan posisi miring ke sisi kiri. Hal ini dianjurkan karena ada banyak sekali manfaat tidur bagi ibu hamil yang tidur dengan posisi miring ke kiri. Manfaatnya antara lain:

  • Mengurangi gangguan pada sistem pencernaan
  • Sirkulasi darah ke seluruh tubuh lancar
  • Memaksimalkan aliran darah, oksigen dan nutrisi ke janin
  • Mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan pergelangan tangan

Selain tidur Posisi Tidur Ibu Hamil dengan posisi miring ke kiri, ibu juga bisa tidur dengan posisi miring ke kanan, keduanya sama baiknya. Sehingga untuk membuat tidur lebih nyaman ibu bisa mengganti posisi tidur dengan miring ke kiri dan ke kanan secara berkala. Itulah informasi tentang Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik dan Aman Untuk Bayi dan Ibunya semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Jangan lupa simak artikel kami sebelumnya tentang trimester ketiga kehamilan.

Posisi Tidur Ibu Hamil | Admin | 4.5