Persalinan Prematur

Wednesday, April 29th, 2015 - Persalinan

Persalinan Prematur, Pengertian dan Penyebabnya – Akuhamil.com,- Persalinan prematur merupakan persalinan yang terjadi sebelum kehamilan memasuki pekan ke-37 atau pekan ke-38. Persalinan tersebut bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya komplikasi pada bayi. Biasanya gangguan yang terjadi adalah masalah pernafasan. Oleh sebab itu, diperlukan perawatan intensif atau bantuan pernafasan saat komplikasi terjadi pada bayi. Setiap ibu hamil harus waspada saat tanda-tanda persalinan prematur mulai terlihat dan secepat mungkin segera berkonsultasi dengan dokter.

Mengenal Tentang Persalinan PrematurMengenal Tentang Persalinan Prematur

Pada beberapa kasus, persalinan prematur tidak ketahui penyebabnya. Tetapi, persalinan yang prematur  tersebut terjadi karena beberapa hal seperti komplikasi kehamilan tertentu, tekanan jiwa yang dialami ibu hamil ataupun karena Tips Ibu Hamil menderita sakit kronis.

Untuk menghindari persalinan prematur,  Anda perlu mengetahui tanda-tandanya. Dengan begitu Anda bisa melakukan penanganan dengan segera.

Tanda pertama adalah terjadinya kram pada perut. Kram tersebut kadang-kadang  disertai dengan diare namun ada juga yang tidak. Kram seperti ini biasanya terjadi pada saat datang bulan atau rasa sakit pada bagian punggung. Selain itu, tanda lain persalinan prematur adalah kontraksi rahim yang teratur. Jarak waktunya sekitar 10 menitatau bisa juga kurang dari itu. Kontraksi semacam ini kadang-kadang  juga tidak menimbulkan rasa sakit.

Beberapa tanda persalinan prematur lain yang perlu Anda perhatikan adalah adanya rasa tertekan dan terasa berat pada perut bagian bawah. Selain itu, terkadang juga terasa seperti bayi yang mendorong ke bagian bawah. Tanda lainnya adalah keluar cairan dari vagina. Jika Anda mngalamigejala-gejala tersebut, maka sebaiknya Anda langsung berbaring pada posisi miring selama kurang lebih satu jam. Saat Anda istirahat,Anda bisa minum 2 hingga 3 gelas air putih atau lebih baik minum jus sari buah. Dengan beristirahat dan minum cukup air, maka gejala-gejalanya bisa segera reda.

Jika Anda sudah melakukan hal itu tetapi gejalanya tidak berkurang, maka Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.Selain itu, saat terjadi persalinan prematur, Anda harus segera ke rumah sakit supaya bisa mendapat perawatan yang lebih baik dengan di bawah penanganan dokter.

Persalinan Prematur | Admin | 4.5