Perawatan Campak Pada Anak Bayi

Friday, August 11th, 2017 - Bayi dan Balita

Perawatan Campak Pada Anak Bayi Yang Tepat dan Efektifwww.akuhamil.com,- Penyakit campak memang tidak dapat dipandang sebelah mata, faktanya penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan cepat. Penyakit campak sendiri memang sering menyerang bayi dan anak balita, namun bukan berarti orang dewasa pun bisa bebas dari penyakit yang satu ini. Penyakit campak sering juga disebut dengan rubeola yang merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus. Bayi dan anak balita memang sering kali menjadi target penyakit yang satu ini, apalagi bayi dan anak balita yang tidak mendapatkan vaksinasi maka kemungkinan terserang penyakit campak akan meningkat. Lalu bagaimana jika anak anda sudah terlanjur terserang campak? perawatan bagaimana yang harus dilakukan para bunda? Selain dengan obat campak untuk anak, bunda juga dapat melakukan perawtan campak sederhana di rumah simak ulasannya berikut ini.

Cara Perawatan Campak Pada Anak Bayi Baru Lahir

Penyakit campak sendiri merupakan penyakit akibat infeksi virus measles yang masuk kedalam tubuh. Campak sendiri termasuk penyakit yang sangat mudah menular. Penularan penyakit campak bisa melalui udara seperti batuk, bersin, serta bernafas. Bayi dan baru lahir memang sangat mudah terserang penyakit campak disebabkan sistem kekebalannya belum bekerja secara optimal. Virus yang masuk kedalam tubuh tidak dapat dilawan oleh sistem pertahan tubuh maka tidak heran jika bayi dan anak kecil sangat mudah terserang penyakit campak.

Di Indonesia sendiri penyakit campak bisa terbilang tinggi, bahkan pada tahun 2010 Indonesia menduduki peringkat ketiga negara dengan kasus penyakit campak di Asia Tenggara. Sedangkan pada tahun 2013 diketahui ada 6300 kasus penyakit campak maka tidak heran saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menggalakan vaksinasi. Ya vaksinasi campak sedini mungkin dapat mencegah anak terserang campak.

Gejala awal campak sendiri sepintas terlihat seperti gejala flu biasa, biasanya ruam muncul setelah 10 hari virus masuk kedalam tubuh. Beberapa gejala campak pada anak yaitu demam, batuk, pilek, mata merah, ruam merah di kulit, mata sensitif pada cahaya, muncul bercak putih keabuan di tenggorokan dan mulut. Biasanya ruam merah akibat penyakit campak terlebih dulu muncul dibelakang telinga, sekitar kepala, leher, kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Bukan main-main mengapa penyakit campak ini harus mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat. Karena nyatanya penyakit campak bisa menyebabkan komplikasi serius terutama bayi dibawah usia 1 tahun, anak dengan kondisi kesehatan buruk, orang yang sistem kekebalannya lemah, serta riwayat penyakit kronis. Komplikasi penyakit campak yang bisa muncul yaitu bronkitis, radang telinga, pneumonia atau infeksi paru-paru, serta infeksi otak.

Untuk itu sangat penting bukan melakukan perawatan campak pada anak bayi untuk mencegah komplikasi. Nah bunda dapat melakukan beberapa perawatan campak pada anak bayi dengan langkah-langkah berikut ini:

Istirahat cukup
Pastikan anak atau bayi mendapatkan istirahat yang cukup saat terserang penyakit campak. Lebih disarankan untuk mengurangi aktifitas fisik atau bermain. Pastikan anak tidur denga cukup sekitar 8 hingga 10 jam guna meningkatkan sistem kekebalannya guna melawan virus penyebab campak yang masuk kedalam tubuh.

Perhatikan asupan makanan
Makanan bergizi kaya akan kandungan vitamin dan mineral menjadi salah satu cara mengatasi campak pada anak. Sayur dan buah segar menjadi salah satu asupan makanan yang harus diperbanyak dikonsumsi anak. Makanan 4 sehat 5 sempurna harus menjadi prioritas utama asupan makanan pada anak dengan campak. Karena pada saat anak terserang campak maka salah satu gejala yang akan muncul yaitu iritasi pada tenggorokan yang bisa membuat anak tidak mau makan karena sakit. Untuk mengatasi hal tersebut berikan makanan dalam porsi kecil namun sering. Dan adapaun makanan yang sebaiknya dihindari saat anak terserang campak yaitu makanan yang di goreng juga dingin.

Minum lebih banyak
Salah satu gejala campak pada anak yaitu demam, faktanya demam tinggi bisa menyebabkan cairan tubuh terkuras. Cairan dan elektrolit tubuh yang terkuras bisa menyebabkan dehidrasi serius pada anak. Maka sangat disarankan untuk memberikan asupan cairan yang cukup pada anak yang terserang campak. Minum air putih menjadin pilihan utama apalagi jika anak mengalami muntah serta diare.

Jaga kebersihan
Tidak jarang banyak para orang tua yang beranggapan jika saat anak terkena campak maka tidak boleh mandi takut ruamnya semakin banyak. Mandi menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa gatal. Ya bercak merah di kulit anak atau bayi saat terkena campak memanglah sangat gatal, tidak heran banyak anak yang sengaja menggaruknya hingga menyebabkan luka. Sangat disarankan untuk memandikan anak yang terkena campak saat demamnya sudah turun, minimal dengan mengelap menggunakan handuk basah agar anak merasa nyaman. Pastikan juga untuk menggunakan bedak antigatal seperti salicil talk untuk mengatasi rasa gatal. Untuk mencegah penularan virus pastikan barang-barang pribadi si anak di pisahkan sepeti alat makan hingga handuk karena nyatanya penularan campak bisa juga menular melalui kontak tidak langsung.

Batasi kontak langsung
Untuk mencegah penularan campak maka bunda dapat membatasi kontak langsung maupun tidak langsung. Pada dasarnya penyakit campak ini sangat mudah menular baik melalui udara maupun benda yang sudah terkontaminasi. Berikan masker pada anak yang terinfeksi campak nhal tersebut akan sangat membantu mencegah penularaan campak melalui bersin ataupun batuk.

Itulah beberapa perawatan campak pada anak bayi secara alami yang bisa langsung bunda praktikan di rumah. Periksakan bayi dan anak anda jika gejala campak malah semakin parah biasanya dokter akan memberikan antibiotik, suplemen vitamin A, serta obat penurun demam. Nah selain dengan obat medis bunda juga dapat memberikan obat campak untuk bayi dan anak balita QnC Jelly Gamat. Merupakan pengobatan campak herbal yang aman bagi bayi baru lahir serta anak balita. Terbuat dari ekstrak teripang emas berkualitas tinggi dengan kandungan senyawa yang sangat ampuh menyembuhkan campak pada anak.

Dengan memberikan QnC Jelly Gamat secara rutin pada anak maka akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga berbagai virus, kuman, bakteri dapat dilawan. Tidak hanya itu saja kandungan kolagen tinggi dapat membantu mengatasi ruam hingga infeksi di kulit akibat ruam merah. Untuk bunda dan ayah yang ingin cepat-cepat menyembuhkan sang buah hati dari penyakit campak maka QnC Jelly Gamat menjadi solusi yang sangat tepat. Karena QnC Jelly Gamat ini hanya terbuat dari bahan herbal alami tanpa campuran bahan kimia sehingga sudah sangat terjamin aman dikonsumsi semua kalangan baik bayi, anak balita, ibu ahamil, ibu menyusui,hingga lansia. Bahkan QnC Jelly Gamat sudah terdaftar di BPOM RI dan telah bersertifikat HALAL dari MUI.

Perawatan Campak Pada Anak Bayi | Admin | 4.5