Penyebab Payudara Nyeri

Thursday, September 21st, 2017 - Ibu Menyusui

Inilah Penyebab Payudara Nyeri Pada Ibu Menyusui www.akuhamil.com,- Memasuki momen baru menjadi ibu setelah melahirkan tentunya menjadi hal yang sangat membahagiakan. Pastinya setiap ibu akan memberikan yang terbaik pada buah hati tercinta sedari kecil, salah satunya asupan nutrisi. Nah untuk bayi baru lahir asupan nutrisi yang terbaik yaitu ASI, pemberian ASI eksklusif memang sangat di sarankan guna menunjang kecukupan nutrisi bayi. Namun sering kali banyak kendala yang di rasakan oleh ibu menyusui, mulai dari ASI yang tidak lancar hingga rasa sakit payudara saat menyusui. Payudara nyeri biasanya menjadi halangan ibu untuk menyusui si buah hati, lalu apa saja penyebab nyeri payudara dan mengeras saat menyusui dan bagaimana cara mengatasinya? simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Payudara Nyeri dan Linu Saat Menyusui dan Cara Mengatasinya

ASI tidak hanya dapat memenuhi asupan nutrisi bayi saja, namun juga proses menyusui menjadi momen berharga untuk mempererat hubungan antara ibu dan bayi. Nyeri payudara menjadi salah satu penyebab terganggunya proses menyusui, lalu apakah nyeri payudara saat menyusui ini normal? Rasa nyeri payudara di awal-awal menyusui bisa di katakan wajar, namun jika nyeri payudara semakin berlarut-larut maka hal tersebut dikatakan tidak wajar. Seharusnya payudara tidak akan terasa nyeri saat menyusui, bahkan dalam beberapa kasus banyak juga ibu menyusui yang merasakan payudaranya kebas. Tentunya penanganan nyeri dan kebas pada payudara harus segera dilakukan guna mencegah kondisi semain parah.

Adapun beberapa penyebab payudara nyeri saat ditekan pada ibu menyusui yang wajib diketahui yaitu:

Payudara bengkak
Salah satu penyebab payudara terasa nyeri bisa disebabkan oleh payudara yang membengkak. Payudara membengkak bisa disebabkan oleh produksi ASI yang banyak juga sirkulasi darah yang meningkat ke payudara. Gejala lainnya yang biasa di rasakan saat payudara membengkak yaitu kulit payudara lebih memerah, mengkilap, dengan peningkatan suhu tubuh atau terasa hangat.

Infeksi jamur
Masuknya bakteri pada saluran payudara bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara. Salah satu infeksi jamur yang sering kali muncul pada ibu menyusui yaitu Thrush. Cara penularannya bisa melalui bayi yang sudah terinfeksi, saat payudara atau puting susu mengalami luka atau lecet maka akan sangat mudah jamur tersebut masuk kedalam saluran payudara. Rasa sakit pada payudara akibat dari infeksi jamur tidak hanya terasa saat menyusui saja namun juga 1 jam setelah menyusui.

Produksi ASI yang banyak
Produksi ASI pada setiap ibu menyusui memang berbeda-beda ada yang sedikit, normal, bahkan banyak. Biasanya produksi ASI yang banyak terjadi di minggu pertama setelah melahirkan. Nah salah satu penyebab payudara nyeri saat menyusui yaitu akibat produksi ASI yang banyak. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika si kecil menyusui dengan benar dan rutin nantinya produksi ASI akan mengikuti kebutuhan si bayi. Produksi ASI yang banyak secara alami dapat menurun dengan sendirinya pada 3 bulan pertama.

Mastitis
Mastitis merupakan peradangan pada jaringan payudara akibat infeksi bakteri. Mastitis biasanya muncul dengan gejala nyeri payudara, pembengkakan, hingga puting yang bernanah jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Dermatitis
Dermatitis atau eksim bisa saja menjadi penyebab payudara terasa sakit. Tidak hanya sakit pada payudara saja namun juga di barengi dengan gatal pada puting susu.

Tongue-tie
Tongue-tie merupakan kelainan yang terjadi pada bayi. Di mana kelainan ini terjadi pada organ mulut bayi dengan tanda kurang optimal dalam menggerakan lidah dan mulut. Akibat dari itu bayi tidak mampu menyedot ASI dengan benar sehingga menyebabkan rasa sakit pada payudara.

Puting luka
Puting susu luka sering kali di alami oleh ibu menyusui banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Nah saat puting susu luka tentunya payudara akan terasa nyeri saat menyusui. Disarankan untuk ibu yang mengalami puting susu luka pastikan proses menyusui tetap berjalan. Tahukah anda jika air liur bayi menjadi obat alami untuk mengatasi luka pada puting payudara.

Itulah beberapa penyebab payudara nyeri saat menyusui yang wajib bunda ketahui. Dan berikut ini beberapa tips cara mengatasi payudara nyeri saat menyusui bisa mulai di coba ya bun.

  • Pastikan posisi si kecil saat menyusui itu benar
  • Jaga agar payudara tetap kering karena area lembab menjadi tempat favorit jamur dan bakteri untuk berkembang biak
  • Jangan pernah menunda-nunda untuk menyusui si kecil
  • Kompres payudara menggunakan air dingin atau es batu yang di balut dengan kain lembut
  • Gunakan bra dengan ukuran yang pas tidak terlalu ketat apalagi hingga menekan payudara. Disarankan untuk memakai bra longgar tanpa kawat atau bra khusus menyusui yang berbahan katun agar lebih cepat menyerap keringat baca juga¬†Tips Memilih Bra
  • Hindari pemakaian sabun pada area payudara atau puting susu karena bisa menyebabkan kulit di area sekitar puting semakin kering dan pecah-pecah
  • Oleskan sedikit ASI setelah menyusui bayi
  • Jika anda mengalami masalah mastitis anda dapat mencoba mengonsumsi obat mastitis tradisional yang aman bagi ibu menyusui dan bayi

Baca juga artikel lainnya:

Obat Pelancar ASI

Obat Puting Payudara Lecet

Penyebab Payudara Nyeri | Admin | 4.5