Penyebab Miom Membesar Pada Saat Hamil

Friday, February 17th, 2017 - Artikel Kesehatan

Penyebab Miom Membesar Saat Hamil Pada Trimester Awal www.akuhamil.com,- Miom merupakan salah penyakit yang menyerang wanita. Ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal di sekitar rahim. Meskipun demikian miom berbda dengan kista ataupun kanker yaitu tidak bersifat ganas. Pertumbuhan sel yang abnormal inilah yang membentuk tumor jinak di dinding rahim. Penyakit miom pada ibu hamil tentunya harus mendapatkan pengobatan yang tepat dan cepat dengan obat miom untuk ibu hamil yang telah terbukti aman. Tujuan dari pengobatan tentunya untuk mencegah miom dapat mengganggu perkembangan janin dan kesehatan ibu dan bayi.

Miom sendiri memang tidak menunjukan gejala yang signifikan dan biasanya ditemukan saat melakukan pemeriksaan tanpa sengaja. Miom tidak hanya dapat tumbuh pada wanita lajang saja namun juga sangat berpotensi semakin membesar pada saat wanita hamil. Lalu apakah penyebab miom memebesar saat hamil? Sinak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab Miom Membesar Saat Hamil Pada Trimester Awal

Wanita hamil dengan miom memang memiliki resiko yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan wanita hamil sehat lainnya. Meskipun miom tidak bersifat ganas namun tetap saja banyak para wanita hamil yang sangat khawatir dengan kemunculan miom.

Sampai saat ini penyebab pasti miom memang belum di temukan. Namun beberapa para ahli mengaitkannya dengan perubahan hormon estrogen. Saat hamil perubahan hormon tentunya menjadi hal yang tidak asing lagi. Diketahui produksi homron estrogen yang meningkat saat hamil di sinyalir dapat membuat miom semakin membesar.

Menurut dr Kathleen Juanita Gunawan seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan memaparkan jika ibu hamil dengan miom memiliki resiko yang lebih tinggi akan tumbuh membesar dan hal tersebut dapat berpengaruh pada kehamilan dan proses melahirkan nantinya. Beliau juga menambahkan jika miom yang tadinya hanya sebesar 2 cm dapat semakin membesar beberapa centi saat hamil dan ditakutkan menutupi jalan lahir janin jika tumbuh di mulut rahim.

Tidak hanya itu miom yang semakin membesar juga dapat menyebabkan resiko terjadinya pendarahan dan bisa meningkatkan resiko terjadinya keguguran. Adapun beberapa resiko lainnya jika pertumbuhan miom tidak terkontrol yaitu dapat mengganggu pertumbuhan ari-ari juga bayi lahir prematur. Tidak jarang juga jika miom tumbuh di dekat mulut rahim dan semakin membesar saat hamil ada kemungkinan ibu hamil harus menjalani operasi caesar karena jalan lahir yang tertutupi.

Hormon estrogen yang terus meningkat banyak di kaitan para ahli sebagai salah satu penyebab miom membesar saat hamil. Meskipun demikian miom dapat menyusut dengan sendirinya setelah wanita mengalami masa menopause. Pengobatan dengan obat miom ibu hamil sangat di sarankan guna mengurangi resiko kehamilan.

Save

Penyebab Miom Membesar Pada Saat Hamil | Admin | 4.5