Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Tuesday, June 20th, 2017 - Bayi dan Balita

Ketahui Penyebab Bintik Merah Yang Gatal Pada Kulit Bayiwww.akuhamil.com,- Munculnya bintik merah di kulit bayi memang bukan hal baru lagi. Jelas jika perawatan kulit pada bayi tidak tepat bahkan tidak terjaga kebersihannya berbagai keluhan penyakit kulit dapat muncul. Pada dasarnya kulit bayi masih tergolong sangat sensitif paparan zat tertentu dari berbagai produk pun dapat membuat kulit bayi bermasalah. Bintik merah menjadi salah satu masalah kulit bayi yang umum muncul. Bintik merah yang di sertai ruam pada kulit bayi memang bukanlah hal yang berbahaya namun sering kali rasa gatal yang muncul membuat bayi merasa tidak nyaman. Banyak faktor yang menjadi penyebab bintik merah pada kulit bayi simak ulasannya berikut ini.

Berbeda dengan kulit orang dewasa yang lebih tebal nyatanya kulit bayi masih sangat tipis. Disamping itu diketahui kelenjar minyak di kulit bayi belum berfungsi dan berkembang secara sempurna. Maka tidak heran jika kulit bayi sangat rentan terserang alergi juga iritasi. Munculnya bintik merah di kulit bayi bisa jadi akibat dari adaptasi kulit bayi baru lahir dengan lingkungan barunya. Namun yang sering terjadi munculnya bintik merah akibat dari penggunaan berbagai produk penunjang bayi. Ya memang tidak ada yang salah dengan bernbagai produk kulit untuk bayi. Namun perlu di perhatikan kandungan senyawa asing pada berbagai produk tersebut bisa jadi menjadi pemicu tiumbulnya bintik-bintik merah di kulit bayi.

Bintik merah pada kulit bayi sering kali muncul di bagian wajah dan anggota badan lainnya seperti leher, dada, hingga punggung. Tidak hanya bintik merah saja yang muncul disaat anak terserang alergi namun juga bintil kecil yang terasa gatal. Tentunya rasa gatal yang di timbulkan akan membuat bayi merasa tidak nyaman hingga lebih rewel.

Diketahui banyak faktor yang dapat menjadi penyebab bintik merah gatal di kulit bayi. Untuk mencegah kondisi ini muncul pada bayi ada baiknya para bunda dan ayah mengetahui beberapa penyebab bintik merah pada bayi berikut ini:

Faktor genetik
Penyebab bintik merah pada kulit bayi yang pertama yaitu akibat dari faktor genetik atau keturunan. Alergi nyatanya menjadi penyakit yang dapat di turunkand ari orang tua ke anak. Diketahu kedua orang tua yang memiliki riwayat alergi sebelumnya dapat meningkatkan resiko lebih tinggi di turunkan anak. Namun untuk salah satu orang tua yang memiliki riwayat alergi kemungkinan resiko alergi di turunkan ke anak akan lebih kecil. Masalah alergi sendiri dapat muncul akibat dari makanan, produk yang tidak cocok, hingga debu. Bayi yang memiliki alergi bawaan akan sangat mudah terserang penyakit kulit.

Eksim
Penyakit kulit eksim tidak hanya dapat menuyerang orang dewasa saja namun juga bayi dan anak balita. Eksim pada bayi sering juga disebut dengan eksim susu yang muncul akibat dari sisa makanan, ASI, ataupun susu formula hingga air liur yang tidak segera di bersihkan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan timbulnya iritasi di kulit bayi apalgi untuk bayi dengan riwayat alergi. Beberapa gejalanya yaitu kulit kering, merag-merah, hingga pecah-pecah.

Biang keringat
Sudah tidak asing lagi dengan masalah kulit yang satu ini. Ya biang keringat nyatanya sangat mudah di temukan pada bayi dan anak kecil. Biang keringat muncul dengan bintil kecil-kecil berwarna merah yang gatal. Biang keringat bisa muncul di jidat, leher, punggung, lipatan paha, juga bagian tubuh lainnya. Keringat yang tidak di bersihkan atau din lap maka bisa menyebabkan iritasi di kulit bayi. Untuk mencegah hal ini terjadi pastikan bayi menggunakan baju yang tidak terlalu ketat juga menyerap keringat. Bersihkan keringat yang muncul di tubuh si kecil menggunakan tisu basah ataupun lap dengan bahan yang lembut.

Ruam popok
Ruam popok juga menjadi salah satu masalah kulit pada bayi yang sering muncul. Gejala yang muncul yaitu ruam atau bintik-bintik merah hingga bintil berisi cairan yang gatal. Bintil tersebut dapat pecah dan bisa menyebabkan luka terbuka dan meningkatkan resiko terkena infeksi jika tidak segera di atasi. Pastikan untuk memberikan popok yang nyaman bagi bayi yang tidak terlalu sempit. Dan pastikan jangan membiarkan popok dalam kondisi basah dalam waktu yang lama karena bisa menyebabkan timbulnya bebagai kuman dan bakteri.

Infeksi virus
Selain dari beberapa penyebab di atas nyatanya infeksi virus juga dapat menjadi penyebab beberapa penyakit kulit pada bayi baru lahir. Roseola infantum menjadi salah satu penyakit menular yang sangat mudah menyerang bayi baru lahir. Cara penularannya dari air liur penderita yang menempel pad kulit bayi. Selain bintik merah gejala lainnya yang bisa muncul yaitu demam. Namun dalam kasus ini bintik-bintik merah dapat berubah berisi nanah dalam beberapa hari.

Biduran
Sering kali juga bintik merah muncul akibat dari biduran. Biduran merupakan masalah kulit yang biasanya muncul dengan gejala ruam merah sebagai reaksi alergi pada makanan ataupun sengatan binantang. Meskipun biduran dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun anda perlu waspada jika biduran pada anak tidak kunjung membaik karena bisa menyebabkan anafilaksis yaitu reaksi alergi parah yang di tandai dengan adanya sesak napas juga bengkak.

Impetigo
Bintik merah di kulit bayi juga dapat muncul disebabkan oleh anak anda terserang impetigo. Impetigo sendiri merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Di tandai dengan gejala bintik merah, ruam, hingga lepuhan. Setelah itu muncul kerak berwarna kuning dan coklat. Impetigo sendiri merupakan penyakit kulit yang menular yang biasanya muncul di area hidung juga mulut.

Solusi terbaik untuk mengobati bintik merah pada kulit bayi

Tentunya kondisi munculnya bintik-bintik merah di kulit bayi membuat para orang tua merasa panik dan bingung bagaimana cara untuk mengatasinya. Karena kulit bayi yang terbilang masih sensitif cara mengobati bintik merah di kulit bayi pun haruslah berhati-hati. Untuk para bunda dan ayah yang ingin mengobati bintik merah gatal pda kulit bayi kami rekomendasikan QnC Jelly Gamat. Merupakan prosuk obat herbal berbentuk cair yang di formulasikan dari ekstrak teripang emas dengan khasiat yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

QnC Jelly Gamat untuk anak menjadi obat herbal masa kini yang sudah terjamin sangat aman di gunakan untuk semua kalangan mulai dari bayi, anak balita, ibu hamil, ibu menyusui, hingga lansia. Cara penggunaannya pun terbilang bisa TWO IN ONE bisa di gunakan sebagai obat luar dengan cara di oles langsung pada penyakit kulit ataupun di minum untuk pengobatan dari dalam.

Karena QnC Jelly Gamat ini hanya terbuat dari 100% bahan alami tanpa campuran bahan kimia sehingga sangat terjamin aman di konsumsi atau di gunakan dalam jangka waktu panjang tidak menyebabkan efek samping dan ketergantungan. terlebih lagi produk kami telah terdaftar di BPOM dengan no registrasi produk POM TR 173301471 dan sudah bersertifikat HALAL dari MUI.

PESAN SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN POTONGAN HARGA LANGSUNG

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Bayi | Admin | 4.5