Penyebab ASI Encer

Tuesday, September 12th, 2017 - ASI, Ibu Menyusui

Inilah Penyebab ASI encer dan Bening Pada Ibu Menyusui www.akuhamil.com,- Proses menyusui sang buah hati memang menjadi hal istimewa bagi setiap wanita. Ya makanan terbaik untuk bayi baru lahir memanglah ASI, namun di balik itu semua terkadang para ibu mengalami kendala saat menyusui. Mulai dari ASI yang keluar sedikit, ASI bening, hingga ASI encer. Salah satu masalah yang sering di hadapi ibu menyusui yaitu masalah ASI encer. Apakah ASI encer itu normal atau tidak baik di konsumsi bayi, dan apa penyebab ASI encer? simak ulasannya berikut ini.

ASI menjadi makanan terbaik bagi bayi, ASI mengandung banyak nutrisi yang di butuhkan bayi selama masa pertumbuhan. Umumnya bayi harus mendapatkan ASI ekslusif hingga 6 bulan. Tidak hanya dapat menunjang pertumbuhan bayi saja, nyatanya ASI bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga bayi tidak mudah sakit.

Produksi ASI pada wanita hamil bisanya di mulai saat menginjak usia kehamilan 16 minggu. Nah pada saat proses persalinan maka produksi ASI akan semakin banyak untuk menunjang kebutuhan bayi. Namun tidak sedikit ibu yang mengalami berbagai masalah saat menyusui salah satunya yaitu ASI encer. Sering kali banyak ibu yang khawatir jika ASI encer ini menandakan jika ASI itu jelek.

Nah untuk para bunda jangan terlalu khawatir ya nyatanya ASI encer bukan merupakan tanda jika ASI itu jelek. ASI sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu ASI awal dan ASI akhir. Pada ASI awal tekstur ASI akan lebih encer dan berwarna putih bening. Tidak sedikit ibu menganggap jika ASI encer dan berwarna putih bening tersebut kualitasnya jelek. Padahal ASI awal yang encer dan berwarna bening tersebut memiliki manfaat untuk menghapus rasa haus si kecil. Tidak hanya itu saja ASI awal tersebut juga mengandung laktosa yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Sedangkan protein pada ASI awal berfungsi untuk meningkatkan imunitas, memperkuat daya tahan tulang dan kulit, serta mempercepat proses pembentukan saraf.

Baca juga:

Obat Pelancar ASI

Penyebab ASI Keluar Sedikit

Nah setelah ASI awal atau foremilk keluar dalam beberapa waktu maka ASI akhir akan keluar dengan ciri lebih kental dan berwarna putih pekat. ASI akhir atau handmilk ini mengandung lemak yang lumayan banyak maka tidak heran jika teksturnya lebih kental dan berwarna putih pekat. Kandungan lemak pada ASI berfungsi untuk menunjang pertumbuhan bayi juga membuat bayi lebih kenyang.

Namun dalam beberapa kasus di temukan ibu yang tekstur ASI nya tetap encer dan berwarna bening meskipun sudah menyusui lebih lama. Adapun penyebab ASI encer bisa dari asupan makanan yang di konsumsi ibu menyusui. Diklaim jika kekurangan asupan lemak membuat tekstur ASI menjadi lebih encer dan bening. Asupan gizi atau kandungan lemak yang di konsumsi ibu menyusui memang ikut andil dalam mempengaruhi tekstur ASI lebih kental atau encer.

Dan secara alamiah ASI pada awal menyusui memang lebih encer karena produksi ASI yang cukup banyak pada masa tersebut. ASi pada masa awal menyusui akan lebih encer karena mengandung lemak yang rendah. Namun tentunya jangan khawatir meskipun demikian tidak mengurangi kandungan nutrisi pada ASI. Tidak hanya tekstur saja yang dapat berubah nyatanya rasa juga komposisi ASI dapat berubah akibat dari asupan makanan yang di konsumsi saat menyusui. Untuk itu sangat penting bagi ibu menyusui mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Penyebab ASI Encer | Admin | 4.5