Pantangan Ibu Menyusui

Thursday, March 12th, 2015 - Ibu Menyusui

Jenis Makanan yang Menjadi Pantangan Ibu Menyusui – Akuhamil.com,- Sebelum kami posting tentang anjuran ibu menyusui pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pantangannya. Para ibu yang menyusui harus pintar dalam memilih makanan yang akan dimakan. Ini karena makanan yang dimakan oleh sang ibu akan mempengaruhi kualitas ASI. Apalagi jika makanan yang dimakan memiliki cita rasa yang berlebih, makanan tersebut akan mempengaruhi rasa ASI. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari beberapa makanan yang menjadi pantangan ibu menyusui.

Pantangan Ibu Menyusui Yang Harus DiperhatikanPantangan Ibu Menyusui Yang Harus Diperhatikan

Makanan yang cita rasanya ekstrem seperti makanan dengan rasa yang sangat pahit atau sangat pedas merupakan salah satu pantangan ibu menyusui yang perlu Anda hindari. Herdiansyah yang merupakan salah seorang Ahli Diet menyarankan pada para ibu menyusui untuk menghindari makanan tersebut. Disamping itu, hindari juga makanan yang dapat menyebabkan timbulnya alergi.

Pantangan ibu menyusui lain adalah makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan bayi. Contohnya seperti alkohol, kopi dan buah yang asam. Kopi sendiri dapat menyebabkan bayi susah tidur karena tubuh bayi tersebut tidak bisa mencerna kafein. Sementara untuk minuman beralkohol dapat membahayakan kesehatan ibu menyusui dan menimbulkan banyak masalah pada bayi. Bagaimana dengan buah asam? Buah asam bisa menimbulkan iritasi pada lambung bayi. Oleh karena itu hindari ketiga jenis makanan tersebut.

Ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan lebih sehat dibanding makanan-makanan pantangan ibu menyusui yang telah disebutkan di atas. Contohnya seperti telur, ikan salmon, sayuran hijau, daging sapi tanpa lemak, kacang-kanganan dan lain-lain. Jangan lupa untuk menambah porsi air dan makanan Anda.

Para ibu yang menyusui harus memakan lebih banyak makanan dibanding wanita biasa. Selain itu, tambah juga porsi airnya. Wanita biasa membutuhkan dua liter air per hari sementara wanita yang menyusui perlu menambah porsinya 3 sampai dengan 4 gelas lagi, atau kira-kira 0,8 sampai 1 liter.

Selain pantangan ibu menyusui di atas, Anda juga perlu menghindari rokok. Rokok bisa membahayakan bayi Anda. Bahkan jika Anda tidak merokok didepan bayi Anda, efek negatif dari rokok tetap bisa berpengaruh pada buah hati Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya para wanita yang sedang hamil dan para suami yang sering merokok menghentikan kebiasan tersebut karena nantinya bisa berpengaruh pada kesehatan bayi yang sedang disusui. Disamping itu, hindari mengkonsumi obat tanpa resep dokter.

Pantangan Ibu Menyusui | Admin | 4.5