Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Anak

Monday, March 6th, 2017 - Artikel Kesehatan

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil Muda dan Anak www.akuhamil.com,- Buah kurma yang memiliki rasa manis ini nyatanya tidak hanya memiliki rasa yang nikmat saja. Buah kurma matang nyatanya banyak menyimpan manfaat bagi kesehatan terutama untuk ibu hamil dan anak. Buah kurma sering di jadikan obat radang tenggorokan, pilek, demam,pembersih usus, hingga salesma. Telah banyak para ahli yang melakukan beberapa penelitian mengenai manfaat kurma bagi ibu hamil. Dan hasilnya sangat menakjubkan diketahui jika ibu hamil yang rajin mengkonsumsi buah kurma maka dapat mengurangi induksi saat persalinan. Berbagai kandungan nutrisi pada buah kurma memang tidak di ragukan lagi. Maka tidak heran bukan jika buah yang satu ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil Muda dan Anak

Buah yang di jadikan sebagai buah untuk berbuka puasa ini nyatanya mengandung beberapa kandungan seperti vitamin C, kalori, serat, dan protein. Beberapa kanduangan lainnya yaitu tembaga, mangan, juga magnesium. Tentunya dengan adanya beberapa kandungan tersebut maka manfaatnya pun akan sangat baik untuk kesehatan. Ibu hamil yang mengkonsumsi buah kurma matang dalam jumlah tertentu secara rutin ditengarai dapat membantu mengatasi mual, mencegah anemia, juga mengontrol kadar gula darah.

Adapun beberapa manfaat kurma untuk kesehatan ibu hamil muda dan anak yang wajib anda tahu yaitu:

Ketuban lebih kuat
Ketuban menjadi salah satu unsur yang sangat penting dalam kehamilan. Ketuban sendiri berisi cairan yang fungsinya untuk melindungi janin dalam kandungan dari benturan hingga mencegah terjadinya kekeringan pada tali pusat. Menjelang persalinan ketuban akan pecah namun dalam beberapa kasus pecahnya ketuban sebelum proses persalinan memang sering terjadi. Tentunya pecahnya ketuban sebelum waktunya memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan janin dan ibu hamil. Bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan komplikasi contohnya infeksi.

Nah untuk membantu menguatkan ketuban para ibu hamil memang sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma matang secara teratur. Namun ingat mengkonsumsi buah kurma matang selama kehamilan tidak boleh berlebihan. Terbukti ibu hamil yang sering mengkonsumsi buah kurma matang memiliki selaput ketuban yang lebih kuat dan tidak mudah pecah di bandingkan dengan ibu hamil yang sama sekali tidak mengkonsumsi buah kurma.

Mempercepat pembukaan saat melahirkan
Mungkin para ibu hamil sudah tidak asing lagi dengan proses pembukaan saat melahirkan. Saat proses persalinan rahim akan mengalami pembukaan awal hingga penuh selebar 10cm. Nah diketahui ibu hamil yang sering mengkonsumsi kurma matang secara rutin pada trimester akhir proses pembukaannya hanya memakan waktu yang singkat.

Meningkatkan terjadinya persalinan normal
Berdasarkan penelitian pada 69 ibu hamil yang diberi 6 buah kurma matang setiap harinya menunjukan hasil yang sangat bagus. Nyatanya ibu hamil yang sering mengkonsumsi kurma memiliki prosentase 96% mengalami persalinan normal. Hal tersebut berbanding jauh dengan ibu hamil yang tidak makan buah kurma kemungkinan mengalami persalinan normal hanya 79%.

Baik untuk syaraf
Tahukah anda jika kandungan kalium pada buah kurma memiliki fungsi yang sangat baik untuk kesehatan syaraf. Kalium pada buah kurma dapat meningkatkan rangsangan pada syaraf sehingga dapat meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam daya ingat pada janin.

Mengatasi anemia
Masalah anemia atau kurang darah memang sangat mudah menyerang ibu hamil. Dan tentu saja jika hal tersebut di biarkan maka akan sangat membahayakan ibu hamil dan janin. Anemia pada ibu hamil dapat di atasi dengan mengkonsumsi buah kurma matang. Kandungan glukosa alami pada buah kurma dinilai sangat ampuh dan aman untuk mengatasi kurang darah pada ibu hamil. Tidak hanya itu buah kurma juga bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit pada anak balita salah satunya menjadi obat radang tenggorokan anak.

Perlu anda ingat kurma juga memiliki kandungan kalisum yang sangat bagus untuk pembentukan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Begitu banyak bukan manfaat kurma untuk ibu hamil maka dari itu mulai saat ini tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah kurma matang secara rutin dalam jumlah yang tepat. Semoga informasinya bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Cara Mengetahui Radang Amandel Pada Anak

Manfaat Coklat Bagi Ibu Hamil

Save

Save

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Anak | Admin | 4.5