Manfaat ASI

Thursday, June 19th, 2014 - ASI

Manfaat ASI, Kandungan Air Susu Ibu Yang Penting Bagi Bayi,- Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan utama bagi bayi yang sangat baik dan tidak ada tandingannya. The AAP Section on Breastfeeding, American College of Obstetrians and Gynecologist, American Academy of Family Physicians, Academy of Breastfeeding Medicine, World Healt Organization, United Nations Children’s Fund, serta Depratemen Kesehatan Indonesia merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan. Berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan, terbukti bahwa pemberian ASI eksklusif lebih unggul dibandingkan dengan susu formula, karena manfaat ASI mengandung zat kekebalan tubuh yang dibutuhkan bayi pada bulan-bulan pertama setelah dilahirkan.

manfaat asi dan kandungannyaManfaat ASI dan Kandungan ASI Yang Penting Untuk Bayi

  • Manfaat ASI mengandung protein dan lemak yang paling cocok untuk bayi dalam jumlah yang tepat.
  • ASI mengandung lebih banyak laktosa (gula susu) daripada susu lainnya dan laktosa merupakan zat yang diperlukan bayi manusia.
  • ASI mengandung vitamin yang cukup bagi bayi. Selama 6  bulan pertama bayi tidak memerluka vitamin tambahan.
  • ASI mengandung zat besi yang cukup bagi bayi. Zat besi ini diserap usus bayi dengan baik. Bayi yang diberi ASI tidak akan menderita anemia/kekurangan zat besi.
  • ASI mengandung air yang cukup bagi bayi bahkan di iklim yang panas.
  • Manfaat ASI yang mengandung garam, kalsium, dan fosfat dalam jumlah yang tepat.
  • Bayi yang diberi ASI lebih mampu menghadapi penyakit kuning. Jumlah bilirubin dalam darah bayi banyak berkurang seiring dengan diberikannya kolostrum yang dapat mengatasi kekuningan. Asalkan bayi tersebut disusui sesering mungkin dan tidak diberi pengganti ASI.
  • Beberapa penyakit yang jarang mengenai bayi yang diberi ASI antara lain : kolik, kematian bayi secara mendadak (SIDS), eksim, chron’s disease, dan ulcerative colities.
  • ASI prematur untuk bayi prematur. Pada ibu yang melahirkan bayinya kurang dari 34 minggu kehamilan, ASI yang dihasilkan dinamakan ASI prematur. ASI prematur sangat tinggi protein dan kalsium. ASI jenis ini sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan bayi, sehingga ia bisa mengejar ketertinggalan dalam hal perkembangan fisik dan organ tubuhnya. ASI ini diproduksi hingga kira-kira 3 minggu setelah kelahiran bayi. Begitu penting pemberian ASI pada bayi prematur, sampai-sampai jika sang ibu tidak bisa memproduksi ASI, diharapkan mampu menemukan donor ASI untuknya.
  • Manfaat Asi Untuk Bayi prematur lebih cepat tumbuh jika diberi ASI. Komposisi ASI akan menyesuaikan kebutuhan bayi. ASI bermanfaat untuk menaikkan berat badan dan menumbuhkan sel otak pada bayi prematur.
  • Apabila bayi sakit, ASI adalah makanan terbaik untuk diberikan kepadanya karena ASI sangat mudah dicerna. Dengan mengkonsumsi ASI bayi akan semakin cepat tumbuh.
  • Dengan pemberian ASI eksklusif, dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit infeksi. Misalkan infeksi saluran pencernaan (diare), infeksi saluran pernapasan, dan infeksi telinga. ASI  juga bisa menurunkan dan mencegah terjadinya penyakit noninfeksi, seperti : alergi, obesitas, kurang gizi, asma dan eksim. ASI dapat pula meningkatkan IQ dan EQ anak.

Baca juga : Obat Pelancar ASI

Manfaat Asi (Air Susu Ibu) Untuk Bayi dan Balita

Manfaat ASI yang diberikan pada awal kelahiran bayi cenderung membuatnya terhindar dari infeksi, hal ini karena : ASI bersih dan bebas bakteri, sehingga tidak membuat bayi sakit. ASI mengandung antibodi imunoglobin pada banyak penyeybab infeksi. Hal ini akan membantu melindungi bayi terhadap infeksi yang sama , karena bayi bisa membuat antibodinya sendiri. (3). ASI mengandung sel darah putih hidup yang membantu memerangi infeksi. ASI mengandung zat yang disebut faktor bifidus, yang membantu bakteri khusus yakni lactobasilus bifidus,tumbuh di usus halus bayi. ASI mengandung laktoferine yang mengikat zat besi, hal ini mencegah pertumbuhan beberapa bakteri yang memerlukan zat besi. Dengan komposisi yang diatur oleh Allah, ASI membuat bayi lebih sehat dibandingkan dengan bayi yang hanya mendapakan asupan dari susu formula. Para dokter menyepakati bahwa pemberian ASI dapat mengurangi resiko infeksi lambung dan usus, sembelit, dan alergi.Bayi yang diberi ASI lebih kebal terhadap penyakit. Ketika ibu tertular penyakit melalui makanan, seperti gastroenteritis atau polio, maka antibodi ibu terhadap penyakit akan diberikan kepada bayi via ASI. Itulah postingan tentang mafaat asi semoga bermanfaat.

Save

Manfaat ASI | Admin | 4.5