Macam-Macam Batuk Pada Bayi dan Anak

Friday, September 1st, 2017 - Bayi dan Balita

Ketahui Macam-Macam Batuk Pada Bayi dan Anak Balita www.akuhamil.com,- Sistem imun atau kekebalan bayi dan anak balita memang masih sangat lemah maka dari itu anak kecil lebih mudah terserang penyakit. Bakteri, virus, hingga kuman memang sangat mudah masuk kedalam tubuh anak kecil, karena sistem imunnya masih belum bekerja sepenuhnya maka anak bisa terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering kali menyerang bayi dan anak kecil yaitu batuk. Pada dasarnya batuk bukan merupakan penyakit melainkan respon tubuh untuk menjaga saluran pernapasan. Meskipun memang bukan penyakit berbahaya dan mematikan nyatanya para orang tua wajib melakukan penanganan yang cepat dan tepat untuk mengatasinya. Diketahui ada berbagai jenis batuk pada bayi dan anak balita, nah paran orang tua wajib tahu nih. Simak ulasannya berikut ini.

Macam-Macam Batuk Pada Bayi dan Anak Kecil

Pada dasarnya batuk dibagi menjadi dua macam yaitu batuk akut dan kronis. Tentunya perbedaan dari kedua batuk tersebut dilihat dari lamanya batuk berlangsung. Batuk akut biasanya terjadi tidak lebih dari 2 minggu, berbeda dengan batuk kronis dimana batuk ini dapat bertahan lebih lama yaitu bisa lebih dari 2 minggu hingga bertahun-tahun.

Batuk sendiri memang dapat menyerang siapa saja mulai bayi, anak balita, ibu hamil, lansia, serta orang dengan sistem kekebalan rendah. Munculnya batuk memang sangat berkaitan erat dengan gangguan pada sistem pernapasan. Saat sistem pernapasan terganggu akibat beberapa faktor seperti asap, lendir/dahak, makanan, hingga debu maka reaksi tubuh yang muncul yaitu batuk.

Infeksi pernapasan memang di gadang-gadang menjadi penyebab batuk. Dan berikut ini beberapa penyebab batuk yang wajib anda ketahui:

  • Alergi
  • Asma atau TB
  • ISPA
  • Asap rokok atau polusi dari kendaraan
  • Adanya benda asing di saluran pernapasan atau tersedak benda asing
  • Masalah psikologis

Batuk pada anak sering kali disebabkan oleh beberapa hal seperti tersedak saat minum susu, pneumonia, bronkitis, hingga asma. Meskipun terbilang penyakit ringan namun nyatanya para orang tua harus lebih waspada jika batuk pada anak disertai dengan gejala seperti demam tinggi, sesak napas, batuk disertai darah dan muntah setelahnya, bibir dan wajar pucat kebiruan, hingga lesu dan lemah. Lalu apa saja macam-macam batuk yang sering kali menyerang bayi dan anak balita? Berikut ini informasi macam-macam batuk pada anak yangwajib diketahui orang tua.

Batuk rejan
Batuk rejan muncul akibat dari infeksi bakteri pertussis dan termasuk batuk yang sangat mudah menular. Penularan batuk rejan bisa melalui cairan seperti saat bersin, batuk, hingga tertaawa. Jenis batuk rejan ini ditandai dengan gejala batuk terus-menerus yang diakhiri degan kondisi seperti ingin muntah. Bayi dan anak balita yang belum mendapatkan vaksinasi memang sangat rentan terserang batuk rejan. Untuk penangannya sendiri dalam kasus yang berat maka buah hati harus segera diperiksa ke dokter karena jika terlambat melakukan penanganan bayi atau anak balita dapat kekurangan oksigen.

Batuk dengan mengi
batuk diseryai dengan mengi atausesak napas nyatanya menjadi salah satu jenis batuk yang sering kali di alami anak. Munculnya mengi pada anak saat batuk disinyalir karena adanya sumbatan yang menghalangi saluran pernapasan. Biasanya adanya ganggauna pernapasan pada anak disebabkan oleh penyakit asma hingga pneumonia. Adanya hambatan saat bernapas tentunya membuat bayi atau anak merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya bisa menggunakan inhaler ataupun memeriksakannya ke dokter.

Batuk disertai pilek
Batuk disertai pilek satu paket penyakit yang sangat mudah dan sering menyerang buah hati. Biasanya batuk yang muncul saat anak pilek yaitu batuk berdahak. Dahak atau lendir dari hidung, tenggorokan hingga paru-paru memang sangat mengganggu sistem pernapasan anak. Biasanya batuk disertai pilek pada anak dapat berlangsung selama 1 minggu. Untuk membantu meredakan batuk berdahak yang disertai pilek para orang tua dapat mengatasinya dengan mengeluarkan lendir atau dahak. Tidak hanya dengan cara itu bunda dan ayah juga dapat memberikan obat batuk berdahak anak. Namun pastikan untuk memilih obat batuk berdahak dan pilek yang sudah terjamin aman dikonsumsi bayi dan anak balita dengan komposisi bahan alami.

Batuk menyalak atau menggonggong
Batuk menggonggong atau menyalak apda anaka terjadi akibat adanya peradangan larings dan trakea atau sering juga disebut dengan croup. Croup sendiri disebabkan oleh alergi, infeksi pernapasan, dan perubahan suhu pada malam hari. Croup pada bayi sering kali menyebabkan penyempitan saluran napas sehingga bayi bisa kesulitan bernapas. Penyakit batuk menggonggong ini bisa muncul secara mendadak di malam hari. Penanganan bisa dilakukan di rumah dalam kondisi ringan namun jiga kondisi semakin memburuk segera konsultasikan dengan dokter.

Stridor
Batuk pada anak yang disertai dengan napas kasar yang berisik disebut juga dengan stridor. Stridor bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti epiglotitis, croup akibat iinfeksi bakteri dan kuman, hingga adanya benda asing yang menyumbat jalan napas.

Selain jenis batuk pada anak diatas, ada macam-macam batuk lainnya yang sering kali dirasakan anak seperti batuk mendadak, batuk siang hari, batuk malam hari, batuk dengan muntah, dan batuk dengan demam. Sebagai upaya pencegahan orang tua dapat melakukan hal-hal berikut seperti jauhkan bayi dan anak anda dari asap rokok, saat cuaca dingin pastikan kondisi suhu tubuh anak selalu hangat dengan menggunakan selimut ataupun jaket. Jika anak terserang batuk pastikan untuk memenuhi asupan cairannya pada bayi berikan ASI sebanyak yang sang buah hati mau, untuk anak balita ibu bisa memberikan sup ayam hangat untuk membantu meredakan batuk berdahak.

Untuk bunda dan ayah yang saat ini sedang mencari obat batuk untuk bayi maka kami rekomendasikan QnC Jelly Gamat. Hadir dengan formulasi terbaik dari bahan alami pilihan yang berkualitas tinggi. Tidak hanya memiliki khasiat ampuh namun juga sangat terjamin aman dikonsumsi semua kalangan baik itu bayi, anak balita, ibu hamil, ibu menyusui, hingga lansia. Diformulasikan dari esktrak teripang emas QnC Jelly Gamat sebagai obat batuk berdahak bayi hadir dengan kandungan senyawa yang sangat lengkap. Tidak hanya dapat membantu mengatasi batuk pada anak namun juga menunjang kesehatan bayi dan anak balita terlebih dalam masa pertumbuhan. QnC Jelly Gamat menjadi solusi obat herbal terbaik untuk berbagai penyakit pada bayi dan anak kecil tanpa efek samping.

TERTARIK UNTUK MEMESAN QNC JELLY GAMAT? SILAHKAN ORDER DISINI SEKARANG JUGA

Macam-Macam Batuk Pada Bayi dan Anak | Admin | 4.5