Ketahui 3 Jenis Cacar Yang Sering Menyerang Bayi dan Anak

Monday, January 23rd, 2017 - Artikel Kesehatan

Ketahui 3 Jenis Cacar Yang Sering Menyerang Bayi dan Anak – www.akuhamil.com,- Penyakit cacar merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh adanya bakteri atau virus pox. Meskipun penyakit cacar ini dapat menyerang orang dewasa, namun kebanyakan penyakit cacar sangat mudah di temukan pada bayi dan anak balita. Salah satu jenis cacar yang sering menyerang bayi dan anak yaitu cacar air. Pengobatan cacar air pada bayi dan anak tentunya harus sesegera mungkin di lakukan. Pemilihan obat cacar air anak tentunya tidak boleh sembarangan, pastikan untuk memilih obat cacar dengan kandungan alami yang aman bagi bayi dan anak balita.

Ketahui 3 Jenis Cacar Yang Sering Menyerang Bayi dan Anak

Beberapa gejala yang paling umum dari peyakit cacar ini yaitu munculnya bintik-bintik merah yang disertai dengan demam, flu, juga gatal. Beberapa gejala pemyakit cacar yaitu demam, flu, bintik merah yang bergelembung diserta rasa sakit dan gatal. Mungkin gejala seperti ini tidak dapat terdeteksi awal maka banyak orang tua yang terlambat untuk melakukan pengobatan yang cepat dan tepat. Demam merupakan gejala cacar yang tidak banyak yang tahu, demam menjadi tanda dari pembentukan bintil-bintil kecil yang gatal dan akan muncul ke permukaan kulit. Umumnya setelah 3 sampai 5 hari cacar akan sangat mudah menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Dan perlu anda ingat jika cacar merupakan penyakity yang penyebaran dan penularannya sangat cepat. Maka dari itu akan sangat membantu jika bayi atau balita di inkubasi sebagai langkah antisipasi terjadinya penularan.

Cacar pada bayi dan anak dapat muncul pada area kulit wajah, punggung, dada, tangan, kaki, hingga kepala. Diketahui ada 3 jenis cacar yang sangat sering menyerang bayi dan anak-anak. Berikut penjelasannya.

Cacar air
Cacar air merupakan cacar yang paling umum di temukan pada bayi dan anak-anak. Penyebab dari cacar air yaitu adanya virus varicella zoster atau chicken pox. Cacar air di tandai dengan munculnya bintil-bintil kecil berisi cairan bening. Secara perlahan cacar air dapat menyebar ke seluruh tubuh. Tidak hanya bintil-bintil merah kecil saja yang muncul namun juga disertai dengan demam dan gatal. Bintil berisi cairan tersebut dalam beberapa hari akan pecah kemudian mengering seperti koreng. Untuk pengobatan cacar air biasanya di berikan obat cacar air untuk anak berupa salep ataupun tablet.

Cacar ular
Sama seperti namanya cacar ular muncul berkelompok memanjang seperti sisik ular. Biasanya cacar ular muncul pada punggung belakang hingga ke bagian samping dengan bintil merah yang lebih besar dari cacar air. Penyebab dari cacar ular yaitu virus herpes zoster. Namun penyebaran virus ini tidak akan berkembang jika seseorang yang terinfeksi memiliki sistem kekebalan yang bagus. Biasanya penyakit cacar ular ini banyak menyerang orang dewasa meskipun demikian tidak menutup kemungkinan jika bayi ataupun anak dapat terserang. Gejala awal dari penyakit acacar ular ini yaitu sakit kepala yang disertai dengan sensitif terhadap cahaya. Beberapa gejala lainnya yaitu fllu yang tidak disertai dengan demam, gatal, kesemutan, juga nyeri otot dan lemas.

Cacar api
Cacar api atau sering juga disebut dengan cacar monyer merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Cacar api merupakan penyakit yang jarang di temukan hanya sekitatr 5 sampai 10%. Munculnya bintil kecil berisi nanah yang sangat mudah pecah menyebabkan penyebarannya semakin cepat. Secara umum bintil berisi nanah dapat tumbuh kembali dalam jumlah yang lebih banyak. Awal mula munculnya cacar api di area ketiak, dada, juga punggung yang disertai dengan biang keringat

Tentunya jika sang buah hati anda tidak ingin terserang cacar maka sangat di anjurkan untuk menjaga kebersihan tubuh dan kulit. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Save

Save

Save

Save

Ketahui 3 Jenis Cacar Yang Sering Menyerang Bayi dan Anak | Admin | 4.5