Inisiasi Menyusui Dini

Wednesday, December 3rd, 2014 - Ibu Menyusui

Proses Inisiasi Menyusui Dini – Akuhamil.com,- Inilah program yang saat ini sedang gencar dilakukan, Inisiasi Menyusui Dini atau dikenal dengan singkatannya IMD. Inisiasi menyusui dini akan memberikan dampak yang besar jika dilakukan dengan benar, kegiatan yang dilakukan beberapa saat setelah bayi lahir ini bisa membantu keberlangsungan pemberian ASI ekslusif. Jika anak bisa diberi ASI ekslusif selama 6 bulan dan juga bisa terus diberikan ASI hingga 2 tahun, kekurangan gizi pada anak bisa dicegah.

Tahap-tahap dan Manfaat Inisiasi Menyusui DiniTahap Proses Inisiasi Menyusui Dini :

  1. Inisiasi Menyususi Dini segera setelah lahir. Setelah bayi dipotong ari-arinya, bayi diletakkan di dada ibu tanpa perlu membersihkan bayinya, disini ibu dan bayi akan skin to skin. Setelah diletakknya di dada ibu, biasanya bayi akan diam selama kurang lebih 20 hinga 30 menit, saat ini ia sedang mengatasi trauma pasca dilahirkan.
  2. Inisiasi Menyusui Dini Setelah bayi agak tenang, kali bayi akan mulai bergerak. Kakinya akan bergerak seperti ingin merangkak, gerakan ini tujuannya untuk menghentikan pendarahan ibu.
  3. Jika gerakan kakinya sudah selesai, bayi akan melanjutkan dengan mencium tangannya, kemudian ia akan mulai bergerak mendekati puting ibu. Jika sudah dekat bayi akan menjilati dada ibunya, sebagai cara untuk membersihkan dada dari bakteri jahat.
  4. Setelah mencapai puting bayi akan meremas payudara guna merangsang asi keluar
  5. Langkah yang terakhir, bayi mulai menyusui

Manfaat Inisiasi Menyususi Dini :

  1. Manfaat Inisiasi Menyusui Dini Yang Pertama adalah Bayi yang diletakknya diatas dada ibunya akan mendapatkan ketengangan dan akan merasa dilindungi.
  2. Dengan skin-to-skin kontak, dada ibu akan menghangatkan bayi dengan tepat, kulit ibu akan menyesuaikan dengan suhu tubuh bayinya.
  3. Membantu pernapasan dan detak jantung bayi menjadi lebih stabil
  4. Bayi mendapatkan kolestrum (Asi pertama). Cairan yang isinya antibodi dan zat penting yang penting untuk usus.
  5. Jilatan bayi pada puting membuat rahim berkontraksi membantu mengeluarkan placenta, mengurangi pendarahan pada ibu, merangsang produksi hormon yang membuat ibu tenang, membuat ibu lebih kuat menahan sakit, menimbulkan rasa suka cita pada ibu,dan yang sangat penting adalah merangsang penngaliran ASI dari payudara sehingga ASI matang yang berwarna putih lebih cepat keluar.

Itulah postingan tentang manfaat inisiai menyusui dini dan tahapnya, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat

Baca juga artikel lainnya:

Obat Pelancar ASI

Cara Memerah ASI

Pantangan Ibu Menyusui

Anjuran Ibu Menyusui

Resep Sayur Katuk

Inisiasi Menyusui Dini | Admin | 4.5