Gejala dan Cara Mengatasi Heartburn

Wednesday, December 14th, 2016 - Ibu Hamil, Uncategorized

Gejala dan Cara Mengatasi Heartburn Saat Hamil Trimester 3www.akuhamil.com,- Pada saat hamil tentunya akan banyak perubahan yang dirasakan ibu hamil mulai dari peorubahan bentuk badan hingga beberapa keluhan yang dirasakan. Ya bukan hal yang baru lagi jika beberapa keluhan sering dirasakan ibu hamil saat memasuki trimester kedua dan ketiga. Salah satu keluhan yang banyak di alami ibu hamil yaitu heartburn. Heartburn sendiri merupakan kondisi dimana ibu hamil merasakan sensasi terbakar atau panas di bagian ulu hati ataupun dada. Meskipun keluhan yang satu ini banyak dialami ibu hamil yang tengah memasuki trimester ketiga namun tidak menutup kemungkinan jika keluhan yang satu ini bisa terjadi pada trimester awal. Tidak hanya merasakan sensasi panas dibagian dada dan ulu hati, terkadang ibu hamil yang mengalami heartburn juga mengalami sakit seperti di tusuk-tusuk dibagian ulu hati.

Banyak faktor yang menyebabkan heartburn pada ibu hamil salah satunya dari produksi hormon progesteron yang meningkat. Dalam kasus ini hormon progesteron yang meningkat dapat menyebabkan mengendurnya otot-otot sistem pencernaan sehingga akan sangat berpengaruh pada lambatnya pencernaan. Hal tersebut memang memiliki manfaat yang baik agar makanan ynag dicerna dapar diserap nutrisinya oleh janin. Namun hal buruknya mengendurnya otot pencernaan dapat memicu asam lambung naik hingga menyebabkan heartburn. Nah asam lambung yang naik tentunya akan membuat sang ibu merasa tidak nyaman. Penggunaan obat asam lambung untuk ibu hamil memang sangat diperlukan dalam hal ini.

Untuk bunda yang mengalami masalah dengan asam lambung yang naik selain dengan menjaga pola makan, mengkonsumi QnC Jelly Gamat akan menjadi solusi terbaik. Obat asam lambung ibu hamil yang sangat direkomendasikan oleh para ahli yang terbuat dari ekstrak teripang pilihan. QnC Jelly Gamat memiliki kandungan yang sangat ampuh untuk menetralkan asam lambung yang naik saat hamil sekaligus mengatasi heartburn dengan cepat.

Mungkin banyak dari para ibu hamil yang masih bingung apa saja sih gejala dari heartburn ini. Umumnya ada beberapa gejala yang dirasakan ibu hamil pada saat mengalami heartburn seperti:

  • Ibu hamil mengalami batuk kering dan terkadang diikuti dengan suara serak
  • Rasa sakit pada bagian tenggorokan dan dada yang terkadang dapat menyebar
  • Sulit menelan makanan
  • Sensasi terbakar atau panas terutama dibagian dada dan kerongkongan
  • Rasa sakit seperti ditusuk-tusuk benda tajam pada bagian ulu hati

Diketahui ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit maag lebih beresiko mengalami keluhan heartburn saat hamil. Namun ibu hamil jangan perlu khawatir karena keluhan heartburn ini dapat diatasi. Berikut ini beberapa cara mengatasi heartburn saat hamil paling cepat:

Makan sedikit dengan frekuensi sering
Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengurangi keluhan heartburn pada ibu hamil. Diketahui makan dengan porsi sedikit namun sering dapat membantu menetralisir asam lambung. Hal tersebut dapat mencegah perut kosong terlalu lama yang dapat menyebabkan asam lambung naik. Pastikan ibu hamil menjaga pola makan setidaknya 5 sampai 6 kali sehari dengan porsi kecil guna memenuhi nutrisi ibu dan janin. Tidak hanya itu ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengunyah makanan hingga lembut dan perlahan guna membuat sistem pencernaan bekerja tidak terlalu berat.

Jangan berbaring setelah makan
Berbaring sejenak ataupun tidur sejenak setelah makan memang membuat nyaman. Namun hal tersebut sebaiknya dihindari terutama untuk ibu hamil. Berbaring setelah makan dapat memicu asam lambung naik dengan cepat hal tersebut dapat membuat anda mengalami heartburn. Sangat disarankan untuk duduk tegak setelah makan ataupun berjalan-jalan santai sekitar 1 sampai 2 jam.

Hindari makanan penyebab heartburn
Menghindari makanan penyebab heartburn menjadi cara yang sangat mudah dilakukan. Beberpa makanan yang dapat memicu heartburn yaitu makanan pedas, makanan berlemak, kafein, makanan ataupun buah-buahan asam, minuman bersoda, keju, alkohol, rokok, dan bumbu berbau tajam.

Hindari memakai baju terlalu ketat
Sangat disarankan untuk ibu hamil menggunakan pakaian longgar dengan bahan yang nyaman. Pastikan ibu hamil memakai baju yang besar di bagian perut dan dan pinggang. Penggunaan baju yang terlalu ketat saat hamil tidak hanya membuat ibu hamil merasakan rasa engap namun juga bisa menyebabkan rasa sakit yang ditakutkan dapat berdampak buruk pada janin. Apalagi saat heartburn terjadi penggunaan baju yang terlalu ketat tentunya akan membuat perut lebih tertekan dan sangat menyiksa.

Konsumsi permen karet ataupun yoghurt dan madu
Tips mengatasi heartburn saat hamil selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi permen karet bebas gula, segelas susu dan madu, ataupun yoghurt. Beberapa jenis makanan tersebut memiliki andil penting untuk mengatasi asam lambung yang naik. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka produksi asam lambung dapat di netralisir. Diketahui yoghurt memiliki kandungan prebiotik yang sangat baik untuk menetralisir asam lambung.

Segera berbaring saat heartburn melanda
Saat anda merasakan heartburn pastikan anda langsung berbaring dengan posisi tidur menghadap ke kiri untuk mencegah asam lambung naik. Pastikan posisi tubuh anda bagian atas lebih tinggi bisa ditopang menggkunakan bantal ataupun bahan lembut lainnya.

Itulah beberapa gejala dan cara mengatasi heartburn saat hamil yang tepat. Tidak hanya itu tentunya dengan menerapkan cara diatas, penerapan pola makan dan gaya hidup juga akan sangat berpengaruh dalam mengatasi hartburn. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Gejala dan Cara Mengatasi Heartburn Saat Hamil Trimester 3

Save

Gejala dan Cara Mengatasi Heartburn | Admin | 4.5