Ciri Ciri Pneumonia Pada Anak Balita

Wednesday, May 24th, 2017 - Bayi dan Balita

Ciri Ciri Pneumonia Atau Paru paru Basah Pada Anak Balitawww.akuhamil.com,- Pneumonia atau yang sering juga disebut dengan paru paru basah memang menjadi penyakit berbahaya bagi anak terutama anak balita. Mengapa demikian faktanya penyakit pneumonia ini menjadi penyebab utama kematian terbanyak pada anak di seluruh dunia termasuk Indonesia. Nah disini mungkin para orang tua akan merasa khawatir takutnys si buah hati terserang pneumonia. Baruk dengan gangguan pernapasan pada anak bisa saja menjadi gejala awal pneumonia pada anak, nah untuk para orang tua yuk kenali ciri ciri pneumonia pada anak balita sedini mungkin agar segera mendapatkan penanganan yang tepat juga guna mencegah kondisi anak semakin parah.

Pneumonia memang tergolong penyakit menular yang bisa menyerang siapa saja baik itu bayi, anak balita, hingga orang dewasa. Namun dalam hal ini bayi dan anak-anak menjadi target yang sangat mudah terserang paru paru basah. Apa alasannya? diketahui virus penyebab pneumonia ini akan sangat mudah berkembang dan masuk kedalam tubuh orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Dan bukan sebuah rahasia lagi bayi dan anak-anak memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah karena memang belum terbentuk secara sempurna. Akibatnya infeksi bakteri atau virus akan sangat mudah menyebar ke paru paru hingga menyebabkan pneumonia atau paru paru basah. Bahkan tercatat sebanyak 2 juta orang meninggal disebabkan oleh penyakit pneumonia dan 50% nya adalah anak-anak.

Pneumonia sendiri dikatakan penyakit berbahaya karena virus, bakteri, hingga jamur penyebab pneumonia menginfeksi paru-paru. Anda juga tahu sendiri jika organ paru-paru ini memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Awalnya pneumonia muncul menyebabkan infeksi hingga inflamasi pada kantong-kantong udara di paru paru. Kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan pembengkakan hingga paru-paru di penuhi dengan cairan yang bisa menyebabkan penderita merasa sesak saat bernapas dan sakit yang tidak tertahankan.

Nah munculnya batuk dan pilek pada anak biasanya tidak terlalu di perhatikan oleh orang tua. Jika anda lebih jeli batuk dan pilek yang berlangsung cukup lama hingga di barengi dengan gangguan pernapasa menjadi gejala awal dari pneumonia. Nah disini masalahnya gejala awal pneumonia memang tidak terlihat sangat signifikan sehingga para orang tua pun banyak yang mengabaikannya hingga anak telat mendapatkan penanganan.

Baca juga:

Obat Paru Paru Basah Untuk Anak
Cara Mencegah Pneumonia Pada Anak
Bahaya Paru Paru Basah Pada Anak

Karena pada dasarnya penyakit pneumonia ini sangat berbahaya dan tidak boleh di sepelekan maka  dari itu sangat penting untuk para orang tua mengenali apa saja ciri ciri pneumonia pada bayi dan anak. Tentu saja dengan mengetahuinya secara pasti maka akan sangart membantu dalam melakukan tindakan penanganan yang cepat juga tepat.

Dan berikut ini beberapa tanda tanda paru paru basah pada anak yang wajib anda ketahui secara pasti.

Pilek, batuk, juga demam menjadi ciri ciri paru paru basah pada bayi baru lahir anak tahap awal. Tentunya para orang tua akan sangat mudah mengenali ciri-ciri pneumonia berikut ini. Biasanya pilek dan batuk pada anak berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Tidak hanya sampai di situ saja anak yang terserang pneumonia biasanya memiliki penurunan nafsu makan yang sangat signifikan.

Untuk ciri ciri pneumonia pada anak yang kedua yaitu terlihat dari cara dia bernapas. Anak yang terserang pneumonia biasanya bernapas lebih cepat dan pendek disertai sesak napas. Normalnya anak usia 0 sampai 60 hari frekuensi napasnya sekitar 30 sampai 50x/menit. Untuk anak usia 2 sampai12 bulan frekuensi napas normalnya sekitar 25 sampai 40x/menit. Dan untuk anak usia 1 sampai 5 tahun frekuensi napas normalnya yaitu 20 sampai 30x/menit. Dalam kasus anak yang terserang pneumonia tentu saja frekuensi napasnya akan lebih cepat bahkan bisa hingga 60x/menit. Nah disini para orang tua harus bisa melihat dengan jeli kondisi dari bayi atau anaknya apakah memang frekuensi bernafasnya terlihat normal atau tidak normal apalagi jika ditambah anak bernapas hingg hidungnya kembang kempis bisa jadi ini menjadi gejala pneumonia yang sangat mudah dikenali. Dengan mengetahuinya maka akan sangat memudahkan para orang tua melakukan tindakan yang cepat.

Dalam kasus pneumonia pada bayi dan anak yang sudah parah atau kronis biasanya gejala yang muncul yaitu kejang-kejang, panas tinggi, adanya tarikan dinding dada bagian bawah kedalam hingga hilang kesadaran. Nah dalam kasus ini para orang tua harus melakukan penanganan yang cepat dan tepat dengam memberikan obat pneumonia untuk bayi yang aman hingga membawanya ke rumah sakit atau dokter spesialis anak jika kondisinya parah.

Ciri Ciri Pneumonia Pada Anak Balita | Admin | 4.5