Ciri Bayi Baru Lahir Normal

Thursday, December 4th, 2014 - Bayi dan Balita

Ciri Bayi Baru Lahir Normal dan Sehat РAkuhamil.com,- Memiliki bayi merupakan hal yang sangat indah dan luar biasa bagi orang tua, terutama  bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan. Karena baru pertama kali memiliki anak, terkadang ibu dan ayah kaget dan panik dengan kondisi yang ditunjukan bayinya. Sebenarnya memang ada beberapa kondisi bayi yang sekilas bisa memicu kepanikan ibu dan ayah namun sebenarnya itu kondisi normal dari bayi yang baru lahir. Supaya ibu dan ayah tidak merasa kaget dan panik, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa kondisi dan ciri bayi baru lahir normal yang tidak perlu dikhawatirkan. Apa saja? Berikut ulasannya

Ciri Bayi Baru Lahir Normal Yang Sehat Inilah Ciri Bayi Baru Lahir Normal

Ciri Bayi Baru Lahir Normal Fesesnya berwarna hitam kehijauan dan sangat bau (mekonium). Ibu tidak perlu poanik jika bayi mengeluarkan feces yang seperti itu. Justru sebaliknya itu mekonium diawal kehadirannya di dunia menunjukkan sistem pencernaannya sudah bekerja sebagaimana mestinya. Namun apabila keluarnya mekonium ini lebih dari 2 hari ibu perlu waspada, karena hal ini menunjukkan ada kemungkinan pencernaannya bermasalah. Sering buang air besar. Setelah 2 hari pertama bayi mengeluarkan mekonium, pada hari ke-3 kemungkinan fecesnya sudah bercampur denga sisa susu yang ia minum. Jika bayi ibu diberi ASI, biasanya pada minggu awal akan lebih sering buang air besar bahkan hingga 6 kali dalam sehari. Ibu tidak perlu panik, ini kondisi yang normal selama feces masih berampas.

Berat badan bayi turun di hari-hari awal setelah kelahirannya. Ini kondisi yang wajar. Saat lahir ke dunia, bayi membawa serta tabungan lemak dan cairan dalam tubuhnya, tabungan ini berguna untuk bayi dalam menjalani masa peralihan dari dunia rahim ke dunia luar rahim. Tentu saja tabungan ini akan menyusut dari hari ke hari karena itulah berat badannya berkurang. Yang perlu diperhatikan jika berat badan bayi terus berkurang dalam 1 atau 2 minggu setelah kelahirannya meskipun ia sudah mendapat ASI yang cukup.

Bayi terus menerus minum ASI. Selain tidur aktivitas bayi baru lahir yang paling banyak adalah minum ASI. Ini dapat dimengerti mengingat bayi yang baru lahir lambungnya masih kecil sehingga hanya sedikit ASI yang bisa ditampung. Alhasil bayi akan cepat lapar dan juga cepat lapar kembali. Biasanya durasi minum ASI tiap 2-3 jam.

Bayi gumoh setelah minum ASI. Hampir semua bayi akan mengalami yang namanya gumoh (menuntahkan sedikit ASI setelah menyusu. Ini biasanya terjadi jika setelah menyusu bayi tidak segera disendawakan. Untuk membuatnya bersendawa ibu cukup menggendongnya dengan menghadapkan tubuhnya ke tubuh ibu, kepalanya biarkan di pundak ibu, jika sulit bersendawanya ibu bisa membantu dengan menepuk ringan punggungnya.

Ciri Bayi Baru Lahir Normal Lainnya

  • Bayi sering bersih. Ini sebagai salah satu proses pematangan sistem pernafasannya
  • Bayi menangis terus. Ini wajar karena menangis adalah satu-satunya cara komunikasi yang bisa bayi lakukan.
  • Bayi tidak mau menyusus. Kemungkinan bayi tidak nyaman, ibu sebaiknya perhatikan cara peletakan yang benar. Tidak perlu tergesa-gesa atau panik, ibu dan bayi masih sama-sama belajar.
  • Ubun-ubunn bayi berdenyut. Ini karena belahan tulang tengkoraknya belum bersatu.
  • Tali pusat yang lembab dan basah. Selama tidak ada bau menyengat ibu tidak perlu khawatir.
  • Bayi berjerawat di wajahnya (milia). Milia ini sebagai akibat masih adanya hormon sang ibum seiring berjalannya waktu milia akan menghilang dengan sendirinya.
  • Urine-nya berdarah. Ini juga sama masih terpengaruh hormon estrogen ibu. Jika lebih dari 3 minggu ibu harus waspada dan periksakan bayi ke dokter.
  • Sebagian bayi baru lahir ada yang memilikikulit yang kering, mengelupas, ruam kulit, dan tanda lahir, bercak kebiruan di kaki dan tangan.
  • Kulit bayi keriput.
  • Kulit bayi berwarna kuning. Jika tidak terlalu kuning, bayi cukup ibu jemur setiap pagi dengan menutup mata dan organ kelaminnya. Selain itu susui bayi sesering yang bayi mau.
  • Kulit bayi dipenuhi rambut (lanugo). Lanugo biasanya hilang dalam 2 bulan.

Itulah informasi tentang Ciri Bayi Baru Lahir Normal dan Sehat semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Jangan lupa simak postingan kami sebelumnya tentang nama bayi laki laki islami.

Ciri Bayi Baru Lahir Normal | Admin | 4.5