Cara Perawatan Bayi Kuning

Thursday, December 4th, 2014 - Bayi dan Balita

Cara Perawatan Bayi Kuning – Akuhamil.com,- Sebagian bayi yang baru lahir biasa terlihat kuning kulitnya. Hal ini wajar saja karena pada awal kelahirannya fungsi organ hatinya masih belum sempurna. Pada saat ini organ hatinya masih dalam penyempurnaan. Jadi karena belum bisa menjalankan tugasnya dengan baik, di dalam tubuh terdapat penumpukan billirubin yang kemudian membuat kulit bayi berwarna kuning. Bagaimana cara perawatan Cara Perawatan Bayi Kuning Dirumah tanpa Pergi Ke Rumah Sakit ? Simak tips nya dibawah ini.

Tips Cara Perawatan Bayi Kuning Dirumah Tanpa Ke RSTips Cara Perawatan Bayi Kuning Dirumah

Sebelum kita bahas tentang Cara Perawatan Bayi Kuning mari kita kenbali dulu tentang bayi kuning. Selain karena fungsi hati yang memang belum sempurna, bayi kuning juga terjadi karena adanya ketidakcocokan golongan darah ibu dan bayi. Bertambahnya produksi billirubin bisa saja terjadi karena pembentukkannya yang memang berlebihan atau karena adanya gangguan pada pengeluaran.

Hingga saat ini kasus bayi kuning sering terjadi, baik itu pada bayi yang cukup bulan ketika dilahirkan dan pada bayi yang kurang bulan ( ini yang jumlah kasusunya ebih banyak). Pemeriksaan bayi kuning bisa dilakukan dirumah, caranya:

  • Bawa bayi ke ruangan dengan memiliki penerangan yang jelas atau yang memiliki lampu fluorescent
  • Jika bayi ibu memiliki kulit putih, cobalah tekan jari ibu secara perlahan ke bagian dahi, dada, telapak tangan dan juga telapak kaki. Setelah itu angkat jari yang menekan tadi, lihat seksama apakah ada semburat warna kuning pada bagian tubuh yang tadi ditekan.
  • Jika bayi ibu memiliki kulit hitam atau gelap, kuning tidaknya dapat diteliti dari bagian mata yang berwarna putih atau pada gusinya.

Berikut penanganan dan cara perawatan bayi kuning dirumah :

  • Memberikan Air Susu Ibu (ASI) sesering mungkin. Jika pada siang hari bayi tidur lebih dari 2 jam, ibu bisa membangunkannya dan memberinya ASI.
  • Menjemur bayi di sinar matahari pagi antara pukul 7 sampai 8 pagi. Lamanya penjemuran bisa sampai 30 menit (15 menit terlentang dan 15 sisanya dengan tengkurap). Lindungi bagian mata dan kemaluannya, selain dua bagian itu usahakan terpapar sinar matahari. Penjemuran diluar dilakukan jika hari sedang cerah, jika dengan berangin dan cuaca dingin tidak perlu diluar, penjemuran bisa dilakukan didekat jendela yang terbuka.
  • Jika dengan cara diatas tidak berhasil, Ibu sebaiknya melakukan pemeriksaan secara medis. Jika memang kadar billirubinnya tinggi, dokter akan memberikan terapi sinar.

Itulah postingan tentang Cara Perawatan Bayi Kuning semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Perlu anda ketahui postingan kami ini diambil dari berbagai macam sumber buku dan dari mesin pencari untuk itu jika ada kesalahan dalam postingan Cara Perawatan Bayi Kuning harap dimaklum. Jangan lupa simak postingan kami sebelumnya tentang alat kontrasepsi.

Cara Perawatan Bayi Kuning | Admin | 4.5