Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi

Friday, July 14th, 2017 - Artikel Kesehatan

Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi Agar Tidak Kambuh Lagi www.akuhamil.com,- Mengobati saraiwan pad bayi memang tidak boleh sembarangan. Saat ini obat sariawan untuk bayi memang terbilang masih sangat langka maka tidak heran jika banyak ibu muda yang merasa bingung untuk mengatasi sariawan pada bayi. Ya sariawan sendiri memang dapat menyerang siapa saja termasuk bayi baru lahir. Penyebab sariawan sendiri yaitu akibat jamur candida albicans. Sariawan memang sering kali di anggap sebagai penyakit yang biasa dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun pada kenyataannya sariawan parah pada bayi bisa berakibat fatal bahkan menyebabkan bayi mengalami dehidrasi.

Cara Mengatasi Sariawan Di Lidah Bayi Yang Aman

Sariawan pada bayi ditandai dengan adanya luka pada pada bibir, lidah, maupun bagin dalm pipi berwarna putih. Tidak hanya itu saja nyatanya gejala sariawan dapat menyebabkan rasa perih di mulut maka tidak heran jika bayi yang terserang sariawan enggan untuk menyusu. Jamur candida albicans dapat dengan mudah menular pada bayi melalui puting yang tidak bersih ataupun kondisi mulut bayi yang tidak bersih. Diketahui jamur tersebut akan sangat mudah berkembang karena memang daya tahan bayi yang masih lemah.

Memang terkadang banyak orang tua apalagi ibu muda yang masih merasa bingung jika si buah hati terserang saraiwan. Karena bayi hanya berinteraksi dengan tanguisan saja maka orang tua biasanya kurang jeli melihat perubahan pada bayi. Nah biasanya untuk mengetahui sejak sejak aawal jika sang buah hati terserang sariawan bisa di lihat dari saat menyusui ataupun setelah menyusui. Tidak hanya itu saja cek kondisi lidah bayi, biasanya bayi yang terserang sariawan akan ada perubahan warna di lidahnya terdapat bagian merah. Biasanya juga bayi yang terserang sariawan menolak saat di berikan ASI karena memang saat menyusu dapat menyebabkan rasa sakit.

Karena bayi hanya mengkonsumsi ASI saja, maka ibu pastinya merasa bingung bagaimana cara mengatasinya secara alami. Karena jika sariawan terjadi pada anak kecil atau orang dewasa hanya dengan memberikan asupan makanan yang mengandung vitamin C khususnya akan sangat membantu dalam mengatasi sariawan. Nah sariawan pada bayi tentunya berbeda, apa yang harus di lakukan untuk mengobati sariawan pada bayi? Untuk menjawab hal tersebbut berikut ini ada beberapa cara mengatasi sariawan pada bayi secara alami yang wajib anda coba.

Minyak kelapa murni
Minyak kelapa murni atau dikenal dengan virgin coconut oil merupakan salah satu obat sariawan untuk anak yang sangat aman. Diketahui minyak kelapa mengandung asam kaprilat yang dapat membantu membasi infeksi jamur penyebab sariawan. Cara mengobati saraiwan pada bayi dengan minyak kelapa sangatlah mudah hanya gunakan cottonbud yang sudah di celupkan pada minyak kelapa sebelumnya. Kemudian oleskan pada area kulit yang terserang sariawan. Untuk hasil terbaik jangan lupa pilih minyak kelapa murni perasan pertama.

Sinar matahari
Untuk mengatasi sariawan pada bayi anda juga dapat memanfaatkan sinar matahari. Sinar matahari pagi selain bagus untuk kesehatan tulang saja nyatanya dapat mencegah bayi terserang sariawan. Ajak si kecil berjemur di pagi hari beberapa menit, nyatanya jamur candida albicans akan sangat mudah berkembang di tempat yang lembab dan hangat. Pastikan tempat tidur si bayi mempunya sirkulasi udara yang bagus untuk mencegah jamur berkembang lebih cepat. Pastikan mulut bayi terbuka saat berjemur di pagi hari

Asupan makanan ibu
Karena pada dasarnya bayi hanya mengkonsumsi ASI, maka untuk mengatasi sariawan pada bayi maka asupan makanan yang di konsumsi ibu sangat penting peranannya. Ibu dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt. Tidak hanya itu saja atur pola makan ibu secara teratur dengan menghindari berbagai makanan yang mengandung gula tinggi. Ibu juga dapat mengkonsumsi bawang putih untuk mengatasi sariawan pada bayi.

Pisang dan madu
Anda juga dapat membuat ramuan tradisional untuk menyembuhkan sariwan apda bayi. Madu dan pisang memiliki kandungan yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan sariawan yang aman dan ampuh. Lumatkan pisang ambon kemudian tambahkan sedikit madu oleskan pada area kulit yang terserang sariawan. Untuk hasil terbaik lakukan secara rutin 2x sehari hingga sariawan sembuh.

Itulah beberapa tips mengatasi sariawan pada bayi baru lahir yang bisa bunda dan ayah coba. Tentunya jika sariawan pada bayi tidak kunjung sembuh malah semakin parah pastikan untuk segera memeriksakannya ke dokter agar mendapatakan penanganan yang cepat.

Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi | Admin | 4.5