Cara Mengatasi Ruam Popok

Wednesday, November 9th, 2016 - Artikel Kesehatan

Cara Mengatasi Ruam Popok Parah Pada Bayi Baru Lahir – akuhamil.com,- Memiliki buah hati tentunya membuat bunda dan suami merasa lebih bahagia. Tentunya apapun yang diberikan pastinya yang terbaik. Salah satunya perawatan kulit dari sang buah hati tentunya sangat di persipakan sangat teliti. Kulit si kecil memang tergolong masih sangat sensitif dan sangat rentan terkena berbagai masalah kulit seperti ruam popok. Banyak para bunda merasa khawatir dengan berbagai masalah kulit yang timbul pada bayi, apalagi ruam popok menjadi masalah kulit yang banyak mengintai para bayi. Namun tenang saja bunda sebenarnya ruam popok dapat sembuh dengan sendirinya ko tapi tetap waspada juga jika ruam popok malah enggan pergi dan semakin parah. Tentunya bunda bingung bukan bagaimana cara mengatasi ruam popok pada bayi baru lahir, dibawah ini saya akan share bagaimana cara mengatasi ruam popok pada bayi yang paling aman dan ampuh.

cara-mengatasi-ruam-popok-parah-pada-bayi-baru-lahir

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi Laki-laki dan Perempuan

Tentunya bunda sudah tidak asing lagi dengan masalah kulit yang satu ini. Ruam popok merupakan peradangan kulit yang biasanya terdapat pada area pantat dan sekitarnya yang tertutup popok. Ya kulit bayi yang masih sensitif ini sangat rentan terkena iritasi akibat dari urin dan tinja yang dibiarkan terlalu lama. Gejala ruam popok yang harus bunda tahu yaitu kulit merah dan bengkak disekitar paha, bokong, juga alat kelamin bayi. Tidak hanya itu bayi cenderung lebih rewel jika area tersebut di bersihkan ataupun di sentuh. Meskipun ruam popok ini bukan masalah kulit yang berbahaya namun tetap saja jika di biarkan maka akan bertambah lebar, lecet, hingga infeksi. Rasa gatal, sakit, dan perih tentunya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman dan rewel terus-menerus.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab ruam popok muncul pada kulit bayi yaitu:

  • Popok yang terlalu ketat hingga menyebabkan gesekan dan lecet
  • Urin dan tinja yang dibiarkan terlalu lama dalam popok. Usahakan untuk segera mengganti popok jika sikecil buang air kecil ataupun buang air besar karena urin dan tinja yang dibiarkan terlalu lama dapat memicu iritasi pada kulit
  • Penggunaan produk bayi yang mengadung beberapa kandungan kimia juga dapat memicu ruam popok seperti penggunaan deterjen ataupun bahan pelembut pakaian
  • Adanya infeksi jamur ataupun jamur. Kondisi kulit bayi yang tertutup popok cenderung lembab, kondisi tersebut dapat memicu tempat berkembangnya jamur ataupun bakteri

Ruam popok ini memang menjadi masalah kulit yang wajar menyerang pada bayi. Bahkan menurut Dr. Githa Rahmayunita, SpKK Staf Pengajar Divisi Dermatologi Pediatrik Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI/RSCM, jika ruam popok memunculkan gejalanya pada bayi berusia tiga minggu hingga dua tahun.Dan cara penanganan yang tepat untuk mengatasi ruam popok ringan menurut Dr. Githa yaitu dengan menjaga kebersihan juga memberikan salep yang mengandung zink oksida.

Itu menjadi salah satu cara untuk mengatasi ruam popok ringan pada kulit bayi. Dan berikut ini beberapa cara mengatasi ruam popok yang aman dan ampuh:

Mengganti merek popok
Pemilihan jenis popok memang sangat berpengaruh pada munculnya ruam popok. Ada dua jenis popok yang sering dipilih para bunda yaitu popok kain dan popok sekali pakai. Keduanya memang memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Namun disarankan memilih popok kain untuk sehari-hari dengan catatan bunda juga harus memperhatikan kebersihannya. Meskipun popok kain yang lembut dapat menyerap keringat lebih maksimal jika di bandingkan dengan popok sekali pakai namun tetap saja bunda harus lebih sering mengganti popok kain jika basah karena si kecil buang air kecil, besar, ataupun udara panas. Penggunaan popok kain memang lebih repot jika di bandingkan dengan popok instan namun lebih optimal untuk mencegah ruam popok.

Namun jika bunda lebih nyaman memilih popok sekali pakai pastikan bunda memilih merek popok yang berbahan lembut, tidak mengandung zat pewarna dan zat kimia lainnya. Karena kelebihan popok sekali pakai dapat menyerap cairan lebih banyak dan tidak perlu repot mengganti berulan-ulang, namun bunda sekali-kali harus membuka popok diaper agar kulit si kecil dapat bernafas. Popok diaper memang akan tetap kering meskipun si kecil buang air kecil berkali-kali, namun kekurangannya tidak dapat menyerap keringat sehingga rentan terkena ruam. Gantilah merek popok yang cocok dengan kulit bayi jika masih terdapat ruam bisa jadi kulit bayi yang sensitif terhadap jenis ataupun kandungan dari popok tertentu.

Menjaga kebersihan ruam popok
Ruam popok yang muncul tentunya akan semakin bertambah jika bunda tidak menjaga kebersihan area ruam popok tersebut. Pastikan area kulit yang terdapat ruam popok selalu kering dan tidak lembab. Karena jika sampai area kulit yang terdapat ruam popok lembab maka akan mempermudah bakteri berkembang biak dan membuat ruam popok semakin perah. Jika si kecil buang air kecil ataupun air besar pastikan untuk membersihkannya menggunakan air mengalir. Jangan mengosok area yang terkena ruam hanya usap atau tepuk-tepuk secara perlahan dan lembut agar ruam popoknya tidak semakin parah dan iritasi. Keringkan menggunakan kain yang lembut hingga benar-benar kering, angin-anginkan terlebih dahulu selama 2 menit baru pakaikan popok baru.

Plain yogurt
Plain yogurt banyak digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Yogurt memiliki kandungan acidophilus juga memilki sifat yang dapat melawan bakteri ataupun jamur. Oleskan plain yogurt pada area kulit yang terdapat ruam popok lakukan secara rutin setiap mengganti popok baru.

Gunakan salep ruam popok
Jika hal diatas telah dilakukan namun tetap saja ruam popok pada bayi tidak juga hilang malah semakin parah anda dapat menggunakan salep obat ruam popok. Pilihlah obat ruam popok yang aman bagi bayi dengan kandungan alami seperti QnC Jelly Gamat. QnC Jelly Gamat terbuat dari ekstrak teripang emas pilihan yang sangat efektif mengatasi berbagai macam penyakit kulit salah satunya ruam popok pada bayi. Obat oles ini mengandung berbagai senyawa yang efektif mempercepat proses penyembuhan dan kandungan anti bakteria alami pada QnC Jelly Gamat efektif membunuh berbagai bakteri hingga jamur penyebab berbagai penyakit kulit. Kandungan lembut ekstrak teripang emas di proses dengan sangat teliti menggunakan teknologi modern juga bahan baku alami berkualitas menjadikan QnC Jelly gamat sangat aman di gunakan oleh semua kalangan mulai dari bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui, dewasa, hingga manula.

jellly-gamat-qnc

QnC Jelly Gamat hadir untuk bunda yang ingin mengatasi berbagai masalah kulit bayi mulai dari iritasi, lecet, ruam popok, cenang bernanah, dan masih banyak lagi. Sudah banyak bayi yang sudah merasakan khasiat dari QnC jelly Gamat ini, kini giliran bunda untuk merasakan khasiatnya langsung. Dapatkan produk QnC Jelly Gamat hanya disini distributor asli yang sudah berpengalaman dan profesional.

INGIN PESAN SEKARANG JUGA SILAHKAN KLIK DISINI

CARA PEMESANAN QNC JELLY GAMAT

Save

Save

Save

Save

Save

Cara Mengatasi Ruam Popok | Admin | 4.5