Cara Mengatasi Asam Lambung

Friday, February 12th, 2016 - Kesehatan, Tips Hamil

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Di Pagi Hari Saat Hamil Akuhamil.com,- Penyakit asam lambung adalah kondisi dimana asam lambung naik sampai esofagus yang menyebabkan nyeri pada bagian ulu hati. Dan biasanya penyakit asam lambung ini ditandai dengan rasa perih, mual dan sensasi terbakar pada dada dan tenggorokan. Lambung merupakan organ penting yang berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan makanan. Asam lambung berlebih jika dibiarkan maka akan berakibat fatal bagi penderitanya karena berpotensi menyebabkan komplikasi serius. Seperti penyempitan, pendarahan pada kerongkongan dan yang lebih fatalnya lagi mengakibatkan penyakit maag kronis. Bahkan banyak penyakit yang disebabkan oleh cairan asam lambung itu sendiri seperti batuk menahun, asma, sulit menelan, juga kanker kerongkongan. Penyakit asam lambung ini juga banyak ditemukan pada masa kehamilan karena pengaruh dari perubahan produktifitas hormon progesteron. Kondisi rahim yang semakin membesar akan menyebabkan asam lambung naik karena makanan yang ada pada lambung terdesak ke arah kerongkongan. Kondisi asam lambung naik ini akan semakin sering terjadi pada saat kehamilan menginjak trimester ketiga.

Cara Mengatasi Asam Lambung Tinggi Di Pagi Hari Saat Hamil Muda

Tips Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Pada Masa Kehamilan Trimester Awal

Banyak penyebab pemicu naiknya asam lambung salah satunya karena tidak teraturnya pola makan sehingga lambung terlalu lama dalam keadaan kosong. Naiknya asam lambung dapat ditandai dengan rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum pada bagian ulu hati juga sering bersendawa ataupun kentut. Itu dikarenakan karena banyaknya gas didalam lambung sehingga menyebabkan perut kembung. Asam lambung tinggi ketika hamil juga dapat terjadi pada pagi hari, sebelum makan ataupun beberapa saat setelah makan. Namun jangan khawatir asam lambung tinggi dapat diatasi jika mendapatkan penannganan yang cepat dan tepat. Pada artikel ini anda akan menemukan beberapa cara mengobati asam lambung berlebih pada masa kehamilan. Dan berikut cara mengatasi asam lambung meningkat secara trdisional.

Madu
Cara mengatasi asam lambung naik dengan madu merupakan cara yang sangat mudah. Madu memang terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulit juga untuk berbagai penyakit salah satunya untuk mengobati asam lambung naik. Madu bisa langsung dikonsumsi ataupun bisa dicampurkan dengan air hangat. Itu tergantung dari selera anda. Selain dapat mengatasi asam lambung yang kambuh madu juga sangat berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian perut.

Cincau
Cincau menjadi salah satu bahan alami yang dapat mengatasi asam lambung yang baik. Cincau sendiri terbuat dari daun cincau yang diolah hingga berbentuk seperti jeli. Cincau yang bersifat dingin sehingga membuat perut lebih nyaman. Cincau juga banyak dipakai sebagai obat panas dalam paling baik. Cara mengobati asam lambung untuk ibu hamil ini juga dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung tinggi ketika stres. Cincau bisa dimakan langsung ataupun ditambahkan dengan beberapa tetes madu. Tentunya penyakit asam lambung naik ini dapat diatasi dengan pengobatan yang cepat dan tepat sehingga mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah.

Jahe
Jahe merupakan bahan rempah-rempah yang banyak ditemukan di setiap daerah di wilayah Indonesia. Jahe terkenal sangat berkhasiat untuk meredakan masuk angin dan pelengkap masakan ini ternayata memiliki segudang manfaat. Salah satunya untuk mengobati asam lambung tinggi secara efektif. Rasa mual yang disebabkan oleh asam lambung yang tinggi dapat diatasi dengan menggunakan jahe. Jahe mampu menghalangi senyawa serotonin senyawa kimia penyebab rasa mual. Caranya cukup mudah konsumsi 2 – 4 gram jahe jangan sampai berlebih. Rebus jahe hingga kandungan dari jahenya keluar setelah itu ambil air rebusan jahe tersebut dan minumlah air rebusan jahe tersebut bisa di beri tambahan madu ataupun gula merah.

Pisang
Pisang yang kaya akan folat yang cukup tinggi ini sangat berkhasiat untuk ibu hamil. Senyawa asam folat pada buah pisang sangat berkhasiat untuk menunjang pembentukan sel-sel janin, serta mencegah bayi lahir dengan kondisi cacat. Selain itu pisang juga sangat berkhasiat untuk mengatasi asam lambung tinggi dengan cepat. Kandungan zat antasida pada buah pisang dapat meredakan asam lambung berlebih. Cara mengatasi asam lambung ketika hamil 3 bulan dengan pisang yaitu anda bisa memakannya langsung ataupun dijadikan jus dengan campuran beberapa tetes madu murni.

Kunyit
Sama halnya dengan jahe kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Kunyit sangat berkhasiat untuk menyembuhkan luka ataupun peradangan juga meredakan rasa sakit. Anti inflamasi pada kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam lambung yang tinggi. Cara mengatasi asam lambung dengan kunyit yaitu parut kunyit sampai halus kemudian rebus dengan 150 ml air. Masak hingga matang sekitar 15 menit kemudian saring dan ambil air rebusannya. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu, gula aren ataupun gula merah agar rasanya lebih nikmat.

Bunda juga dapat menetralisir asam lambung dengan cepat menggunakan obat asam lambung alami. Namun bunda juga harus lebih jeli dalam memilih produk obat asam lambung tinggi tentunya dengan mempertimbangkan keamanan untuk janin. Saya sarankan bunda mengkonsumsi obat asam lambung tinggi herbal Calsium Softgel untuk ibu hamil dan menyusui terbukti ampuh dan 100% aman.

Itulah beberapa cara mengatasi asam lambung kumat ketika hamil muda dan tua dengan bahan alami yang terbukti aman. Disarankan untuk anda lebih menjaga pola hidup yang lebih sehat dengan hanya mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi tinggi juga pola makana teratur. Bunda bisa memilih salah satu dari tips mengobati asam lambung berlebih tanpa obat diatas agar asam lambung dapat dinetralisir dengan cepat dan tepat.

Baca juga Cara Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Cara Mengatasi Asam Lambung | Admin | 4.5