Cara Memerah Asi

Tuesday, January 20th, 2015 - ASI

Cara Memerah Asi Dan Menyimpan ASI Perah – akuhamil.com,- Bagi kebanyakan ibu bisa dengan mudah memberikan ASI dengan tehnik langsung atau skin to skin namun ada banyak working mom (WM) yang juga ingin memberikan ASI pada bayinya namun terkendala tidak selamanya ada di dekat sang buah hati. Nah jika bunda termasuk WM maka bunda tetap bisa memberikan ASI sekalipun berkerja diluar rumah, caranya dengan memerah ASI dan menyimpannya. ASI perahan ini memiliki kualitas yang sama dengan ASI yang langsung diberikan dengan skin to skin namun harus diperhatikan bagaimana cara memerah dan meyimpan ASI perah dengan benar. Pada postingan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara memerah ASI dengan menggunakan tangan dan bagaimana cara penyimpannnya yang tepat.

Cara Memerah ASI | Cara Menyimpan ASI Yang BenarCara Memerah ASI Dengan Tangan

Cara Memerah Asi dengan tangan merupakan merupakan cara yang sangat hemat biaya karena tidak memerlukan alat untuk memerah selain itu juga langkah-langkahnya sederhana cocok untuk anda yang baru melahirkan. Untuk menghasilkan ASIP yang melimpah bunda terlebih dahulu harus mengetahui bagian dari payudara itu sendiri. Payudara terdiri dari 3 bagian dengan fungsinya masing-masing :

  1. Pabrik : tempat memproduksi ASI (di daerah yang berwarna putih)
  2. Saluran ASI
  3. Gudang : Di daerah yang berwarna coklat (areola)

Prinsip kerjanya, ASI yang diproduksi di pabrik akan dialirkan menuju gudang melalui salurannya. ASI akan diproduksi lagi di pabrik apabila gudang dalam keadaan kosong. Berikut ini adalah cara memerah ASI dengan jari agar hasil melimpah :

  • Letakkan ibu jari 3 cm diatas puting, lalu jari telunjuk dan jari tengah 3 cm di bawah areola sehingga membentuk huruf C. Anggap ibu jari sebagai angka 12 dan telunjuk serta jari tengah sebagai angka 6 pada jam sehingga posisinya saling berhadapan dan atur agar area gudang ASI ada di bawahnya.
  • Tanpa perlu mengubah posisi jari tekanlah payudara ke belakang
  • Lalukan gerakan menggulung ke dengan arah ibu jari dan jari-jari ke depan untuk membuat ASI keluar dari gudang ASI yang terletak di bawah areola.
  • Ulangi gerakan di atas dengan letak jari yang berbeda misal dengan arah jam 3 dan jam 9
  • Lakukan secara bergantian yang kiri dengan yang kanan

Setelah Anda Simak Cara Memerah Asi Simak Juga Bagaimana Cara Menyimpan ASI Perah Yang Baik dan Aman.

Tabel Petunjuk Penyimpanan ASI

Tempat penyimpanan Suhu Lama Penyimpanan
Dalam ruangan (ASIP segar) 190 – 260 C 6 – 8 jam di ruangan ber AC atau 4 jam di ruangan tanpa AC
Dalam ruangan (ASIP beku yang telah dicairkan) 190 – 260 C 4 jam
Kulkas (ASIP segar) < 40 C 2 – 3 hari
Kulkas (ASIP beku yang telah dicairkan) < 40 C 24 jam
Freezer (lemari es 1 pintu 00 sampai -180 2 minggu
Freezer (lemari es 2 pintu) -180 sampai -200C 3 – 4 bulan
Deep Freezer Suhu stabil di -200C atau kurang 6 – 12 bulan

Cara Penyimpanan ASI perah

  • Masukkan ASI hasil perahan ke dalam wadah plastik, kantung plastik, botol kaca yang tentunya harus food grade. Isi dengan volume 3/4 nya saja.
  • Beri label masing-masing dengan bubuhi tanggal dan jam
  • Simpan dalam kulkas hingga batasan waktu yang sudah ditetapkan diatas
  • Jika ingin disimpan di dalam freezer , terlebih dahulu masukkan ASIP ke dalam refrigerator selama semalamam lalu pindah ke freezer untuk dibekukan, lamanya peyimpanan tidak boleh lebih dari tenggang waktu diatas.

Demikian bunda Cara Memerah Asi Dan Menyimpan ASI Perah Yang Baik. Semoga bermanfaat dan semangat ng-ASI terus bunda karena ASI adalah asupan yang yang sangat tepat untuk bayi kita. Simak juga postingan kami sebelumnya tentang resep sayur katuk untuk menambah asi dan obat pelancar ASI.

Cara Memerah Asi | Admin | 4.5