Bahaya Stress Saat Hamil

Friday, March 13th, 2015 - Ibu Hamil

Resiko dan Bahaya Stress Saat Hamil – Akuhamil.com,- Untuk beberapa orang, stress adalah hal yang sulit dihindari. Kondisi stress sendiri biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti gelisah, tegang dan sakit kepala. Kondisi stress bisa berdampak buruk pada kesehatan, bahkan efeknya bisa lebih berbahaya jika orang yang stress tersebut adalah wanita yang sedang hamil. Bahaya stress saat hamil tidak hanya dapat berakibat fatal pada ibu hamil tetapi juga pada bayinya.

Inilah Bahaya Stress Saat HamilInilah Bahaya Stress Saat Hamil

Bahaya stress saat hamil benar-benar harus Anda waspadai karena dapat menyebabkan keguguran. Kondisi stress yang dialami ibu hamil akan sangat beresiko pada kesehatan janin yang berada dalam kandungannya.

  • Menimbulkan alergi pada bayi

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa bahaya stress saat hamil bisa mengakibatkan resiko terjadinya alergi pada bayi. Ini bisa terjadi karena janin akan menyerap hormon kortisol yang diproduksi oleh ibu pada saat ibu tersebut mengalami stress. Tingkat kadar hormon kortisol yang tinggi pada bayi membuat bayi tersebut memiliki resiko yang lebih besar dalam mengidap alergi.

  • Menurunkan sistem kekebalan bayi

Bahaya stress saat hamil lain adalah menurunnya sistem kekebalan bayi. Stress yang sering terjadi pada ibu hamil dapat melemahkan sistem kekebalan bayi. Saat bayi berusia 6 bulan, maka sistem kekebalan tubuhnya akan melemah.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari yang namanya stress saat hamil, terutama untuk wanita karir yang biasanya mendapatkan tekanan di tempat kerja. Tidak hanya kesehatan fisik yang perlu dijaga, tetapi juga kesehatan mental.

Itulah Bahaya Stress Saat Hamil, Berikut Adalah Cara Mengatasi Stress Saat Hamil

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari stress selama masa kehamilan. Salah satu diantaranya adalah menjaga pola makan dan hidup yang sehat. Disamping itu, Anda juga harus menjalani masa kehamilan dengan penuh kegembiraan. Stress mungkin akan menjadi bagian dari kehamilan, tetapi mengetahui sumber stress tersebut dan mencari solusi terbaik untuk mengatasinya adalah hal yang harus Anda lakukan. Mintalah dukungan suami dan keluarga supaya Anda bisa melalui masa kehamilan dengan penuh suka cita.

Mudah-mudahan informasi tentang Bahaya Stress Saat Hamil bermanfaat dan untuk anda yang mengalami stress saat hamil jangan lebih stress setelah baca artikel ini, selalu berfikir positif dan luangkan waktu untuk mencari kesibukan yang tidak dapat membahayakan kehamilan anda.

Bahaya Stress Saat Hamil | Admin | 4.5