Bahaya Rokok Untuk Ibu Hamil

Thursday, March 5th, 2015 - Kesehatan

Bahaya Rokok untuk Ibu Hamil dan Menyusui – Akuhamil.com,- Masih banyak saja ibu hamil dan menyusui yang tidak menghentikan kebiasaan merokok mereka. Padahal bahaya rokok untuk ibu hamil dan menyusui terbilang besar dan dapat menyebabkan kematian pada buah hati Anda.

Bahaya rokok untuk ibu hamil dan menyusui sangat berpengaruh terhadap ASI. Beberapa penelitian juga telah menunjukan adanya efek buruk dari kebiasaan merokok terhadap ASI yang dihasilkan ibu menyusui. Oleh sebab itu, Anda perlu menghentikan kebiasaan tersebut jika Anda benar-benar sayang terhadap buah hati Anda.

Bahaya Rokok Untuk Ibu Hamil dan MenyusuiBahaya Rokok Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Bahaya rokok untuk ibu hamil dan menyusui dapat menurunkan produksi ASI karena dengan kebiasaan merokok, maka hormon prolaktin di dalam tubuh ibu akan berkurang. Peluang untuk early weaning atau menyapih terlalu dini pun akan semakin besar karna produksi ASI yang berkurang.

Bahaya rokok untuk ibu hamil dan menyusui tidak hanya mengurangi ASI tetapi juga mempengaruhi LDR atau let down reflects yang menyebabkan sulitnya ASI keluar dari tubuh Ibu. Sementara untuk bayi, sering menghirup asap rokok bisa meningkatkan resiko terjadinya banyak penyakit seperti infeksi pada telinga, infeksi sinus, iritasi pada mata, hingga penyakit radang paru-paru. Terkadang bayi juga menjadi rewel dan sering menangis. Ini terjadi karena kandungan yang masuk ke dalam ASI dan asap rokok yang terhisap oleh bayi tersebut. Kandungan nikotin inilah yang menyebabkan bayi tersebut menjadi gelisah dan mudah menangis.

Semoga Informasi Tentang Bahaya Rokok Untuk Ibu Hamil Bermanfaat

Itulah bahaya rokok untuk ibu hamil dan menyusui yang harus Anda ketahui. Selain pada ibu hamil dan menyusui, bayi yang dilahirkan oleh ayah dan ibu perokok bepeluang 7X lebih besar meninggal akibat SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome dan mudah terserang infeksi saluran pernafasan. Selain itu, saat dewasa nanti bayi tersebut memiliki kecendrungan untuk menjadi perokok.

Sementara untuk anak-anak perokok pasif, mereka akan cenderung memiliki kadar darah HDL yang rendah sehingga menyebabkan tingginya resiko terhadap serangan jantung koroner. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa resiko terkena kanker paru-paru cukup tinggi pada anak yang tumbuh di lingkungan tercemar asap rokok.

Bahaya Rokok Untuk Ibu Hamil | Admin | 4.5