Anjuran Ibu Menyusui

Wednesday, March 11th, 2015 - Ibu Menyusui

Tips dan Anjuran Ibu Menyusui – Akuhamil.com,- Ibu menyusui memang membutuhkan makanan ekstra karena diperlukan tambahan kalori sebanyak 500 kkal supaya bisa menghasilkan 600- 800 ml ASI per hari. Jika kalori tersebut tidak tercukupi, maka kalori akan diambil dari tubuh ibu. Dengan demikian, status gizi ibu dan bayi bisa bermasalah. Oleh sebab itu, Anda perlu membaca anjuran ibu menyusui yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Anjuran Ibu Menyusui Agar Tetap FitAnjuran Ibu Menyusui Agar Tetap Fit

Untuk para ibu menyusui, pilihlah makanan yang sehat dengan gizi yang kaya. Porsinya agak sedikit ditambah, baik untuk makanan pokok maupun untuk ngemil. Selain itu, Anda perlu melakukan beberapa anjuran ibu menyusui berikut ini.

  • Perbanyak minum air

Anjuran ibu menyusui pertama adalah memperbanyak minum air. Ibu menyusui biasanya akan merasa cepat haus. Ini karena sebagian besar air yang masuk ke dalam tubuh dipakai untuk memproduksi ASI. Kandungan ASI sendiri terdiri dari 87% air. Oleh sebab itu, jika Anda adalah ibu menyusui maka tingkatkan frekuensi minum Anda sebanyak 4-5 gelas per hari. Dengan begitu tubuh tidak akan kekurangan cairan.

  • Perbanyak Frekuensi makan

Anjuran ibu menyusui yang kedua adalah perbanyak frekuensi makan. Jika sebelumnya Anda makan dua atau tiga kali sehari, maka sekarang ada baiknya Anda makan lima kali sehari. Makan pagi, siang, snack sore, makan malam dan terakhir snack malam. Selain itu, perbanyak makan makanan yang banyak mengandung kalsium dan protein. Kedua zat tersebut sangat diperlukan oleh ibu menyusui untuk memproduksi ASI. Disamping itu, kalsium dan protein juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bayi.

Protein minimal yang dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah 1 gram per kg berat badan. Sementara konsumsi kalsium yang dianjurkan adalah sebanyak 1.200 mg. Oleh sebab itu, anjuran ibu menyusui perlu benar-benar Anda lakukan. Beberapa makanan yang mengandung protein adalah susu, keju, tahu dan tempe. Selain itu, konsumsi juga makanan dan buah-buahan yang banyak mengandung magnesium, zinc dan vitamin D. Ketiga zat tersebut sangat diperlukan untuk memperlancar penyerapan kalsium dalam tubuh.

  • Kecukupan Konsumsi Zat Besi

Anjuran ibu menyusui yang perlu diperhatikan adalah kecukupan konsumsi zat besi. Zat besi sangat berguna supaya ibu menyusui tidak mengalami anemia. Untuk mencukupi kandungan zat besi, Anda bisa mengkonsumsi bayam, katuk dan kangkung. Pastikan kecukupan konsumsi zat besi benar-benar terpenuhi agar ibu menyusui tidak mengalami anemia.

Anjuran Ibu Menyusui | Admin | 4.5